Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kawasaki Ninja 150R, Langganan Tiga Besar 201 Meter!

billy - Minggu, 3 Maret 2013 | 17:31 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kawasaki Ninja 150R milik tim A4speed CRM asal Salatiga, Jawa Tengah ini kerap menghuni posisi tiga besar kala bertarung di event resmi drag bike 201 meter. Padahal, CDI yang dipakai tetap bawaan motor. Bukan CDI bawaan dari Thailand yang kerap digunakan para tunner buat bikin ngibrit si Ninja 2-tak ini.

Bahkan piston, membran dan gigi rasio transmisi juga standar, lho. Hal ini dikarenakan setingan memang difokuskan supaya enggak kedodoran ketika start. Maksudnya, bukan kedodoran layaknya celana kolor yang kendor dan biasa disebut kondor.

Tapi, biar laju Ninja ini lebih mudah dikontrol joki kala start. “Selain itu, cara ini enggak banyak mengeluarkan dana besar,” bilang Rizqi Amin Suqohar, Manajer tim A4speed CRM.

No caption
No credit
No caption

Karena kapasitas mesin dibatasi sampai 155 cc, Agong sang mekanik, coba bermain aman. “Hanya dibantu dengan ubahan kruk as. Pakai milik Ninja ZX 150, supaya kompresi bawah padat,” bilangnya. Buat yang belum kenal Ninja ZX 150, ini Ninja KRR yang beredar di Thailand.

Sesuai kebutuhan, buat mengail tenaga bawah, lubang buang tidak banyak ubahan. “Cukup diporting halus karena masih pakai piston standar. Total tinggi lubang exhaust jadi 31 mm,” aku mekanik yang workshop-nya di daerah Botol Terbang, Blabak, Magelang, Jawa Tengah.


Lubang transfer, juga diubah sehingga power tetap keluar kala perpindahan gigi. “Hanya dinaikkan sekitar 0,8 mm,” ungkap Agong lagi. Sedangkan untuk membran, bukan digantinya pakai part racing. Tapi, diberi tambahan supaya lebih kaku.

“Daun membran hanya didobel pakai membran asli lainnya. Tapi, cukup setengah. Jadi, geraknya tidak terlalu berat,” ungkap mekanik kepercayaan tim A4speed CRM itu.

Buat temani permainan engine bawah, bagian kepala silinder dipapas 0,8 mm. Lalu, kemiringan squish dibentuk sekitar 12,5 derajat. “Selain itu, lebar squish diubah jadi 6 mm. Ini biar enak digeber di putaran atas,” urai mekanik berkulit sawo matang ini. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban belakang: Eat My-Dust 50/90-17
Ban depan: Swallow 60/80-17
Pelek: TK
Cakram depan: TDR
Knalpot : DBS
AE Garage : 0815-9941260
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa