Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Data Lengkap Test Ride New Yamaha Mio M3, Lincah dan Responsif

Otomotifnet - Jumat, 8 Mei 2015 | 12:00 WIB
Yamaha Mio M3 125 (atas) dan Yamaha Mio S (bawah)
yamaha-motor.co.id
Yamaha Mio M3 125 (atas) dan Yamaha Mio S (bawah)

Jakarta - Telah lama melenggang di jalan, namun baru kali ini OTOMOTIF mendapat unit tes New Yamaha Mio M3, tapi tak ada kata terlambat. Yuk kita simak hasil pengetesannya. Seperti apa keampuhan mesin baru yang dijuluki Blue Core ini?

Kita awali dari fitur yang ditawarkan, seperti adanya ruang bagasi yang bisa menampung hingga 10,1 liter. Ruang ini mampu menampung barang bawaan cukup banyak. Di antaranya jas hujan, sarung tangan plus kunci-kunci. Buat menaruh botol minum bisa dimasukkan ke konsol depan sebelah kiri, sedang yang kanan buat menaruh barang yang kecil.

Yamaha Mio M3 125 (atas) dan Yamaha Mio S (bawah)
yamaha-motor.co.id
Yamaha Mio M3 125 (atas) dan Yamaha Mio S (bawah)

Panel speedometer tampak simple dan terdapat Eco Lamp Indicator

Dek tengah cukup lapang buat menampung kaki berukuran sepatu 40. Posisi riding juga cukup nyaman, dengkul enggak mentok buat tinggi tester 170 cm. Jok terasa empuk dan lebar, enggak mudah panas deh buat yang doyan turing jauh.

Area setang tampak simpel dengan pemakaian spido analog. Terdapat Eco Lamp Indicator yang akan menyala saat riding hemat di kecepatan konstan 20-60 km/jam. Fitur lainnya yang sangat berguna ada brake lock di tuas rem belakang, jadi lebih aman saat berhenti di tanjakan atau turunan.

Memiliki dimensi cukup imut, P x L x T 1.870 x 685 x 1.035 mm dan wheelbase hanya 1.260 mm, Mio M3 lincah dalam membelah kemacetan. Enggak perlu ragu selap-selip di keramaian, lincah banget! Asyiknya lagi melibas jalan yang enggak rata atau rusak, redaman suspensi masih cukup nyaman. Termasuk juga saat berboncengan.

Dapur pacu mengusung jenis 4 langkah 2 klep SOHC berpendingin udara berteknologi Blue Core. Mio ‘Tanpa Kompromi’ ini mampu menyemburkan 9,39 dk di 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Seberapa cepat akselerasinya? Waktu terbaik yang bisa diraih 0-60 km/j adalah 7,1 detik, sedang jarak 201 m ditempuh 13,6 detik. Cepat juga ya! Data lebih lengkapnya lihat tabel.

Yamaha Mio M3 125 (atas) dan Yamaha Mio S (bawah)
yamaha-motor.co.id
Yamaha Mio M3 125 (atas) dan Yamaha Mio S (bawah)

Cukup banyak barang bawaan yang bisa ditampung dalam bagasi Mio M3

“Putaran bawah cukup terasa, namun tarikan tengah agak turun sedikit dan di kecepatan 60 km/j ke atas bisa naik terus hingga menembus top speed 105 km/j (spido) dan 96 km/j (Racelogic),” ungkap Mr Testo OTOMOTIF yang berbobot 65 kg ini.

Terakhir tak lupa mengetes konsumsi bensin. Metodenya dipakai layaknya penggunaan motor harian. Pengukuran pakai metode full to full dan agar akurat dilakukan setidaknya 3 kali. Ternyata skutik yang dijual Rp 13,98 juta ini tiap liternya rata-rata bisa menempuh jarak 46 km. • (otomotifnet.com)


DATA TEST
Mio M3

0-60 km/j : 7,1 detik
0-80 km/j : 13,5 detik
0-100 km/j: -
100 m : 8,6 detik
201 m : 13,6 detik
402 m : 22   detik
Top speed spido : 105 km/j 
Top speed Racelogic : 96,6 km/j
Konsumsi bensin : 46 km/lt


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa