Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Suzuki Satria F150 VS Yamaha MX King (bag.1), Fitur dan Handling

Otomotifnet - Jumat, 24 April 2015 | 10:10 WIB
No caption
No credit
No caption



No caption
No credit
No caption

Kehadiran MX King dengan tampilan anyar dan berbagai fitur baru, akan mengusik Satria F150 yang selama ini jadi favorit di kelas super cub, bagaimana hasilnya jika keduanya diadu?


Jakarta
- Jika siswa-siswi Sekolah Menengah Umum (SMU) masih galau menunggu hasil kelulusan Ujian Nasional (UN), Mr. Testo sudah yakin lulus dengan hasil baik dan siap melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Hadiah dari Pemred OTOMOTIF, Mr. Testo boleh memilih motor untuk berangkat ke kampus. Suzuki Satria F150 hingga kini masih jadi favorit di kalangan remaja usia SMA sampai kuliah semester awal, lantaran desain yang sporti dan didukung mesin kencang. Namun hadirnya Yamaha MX King 150 membuat bimbang, lantaran menyuguhkan tampilan fresh dan berbagai fitur terkini.

Ditemani Annis Karlina dan Dara Aulia Rahmansyah, pelajar kelas 3 sebuah SMU di Tangerang Selatan, Tester OTOMOTIF langsung melakukkan pengujian dengan 6 parameter. Gimana hasilnya? • (otomotifnet.com)

FITUR DAN TEKNOLOGI
Salah satu fitur yang paling menonjol pada MX King, yaitu panel indikator. Selain menampilkan sapaan “Hi Buddy” dan bisa diganti dengan nama sendiri, spidometer MX King ini memiliki 6 informasi yang ditampilkan. Yakni; odometer, tripmeter 1, tripmeter 2, fuel eco consumption, average eco (konsumsi BBM km/L) dan average speed.

Selain itu, dibekali mesin 4 valve SOHC 150 cc, sistem bahan bakar injeksi, forged piston, DiASil Cylinder dan liquid cooled system alias pendinginan pakai radiator. MX King cukup lincah karena sasis anyar, dengan sebutan New Light Frame Design dan New Swing Arm.

Untuk fitur Satria 150 cc tergolong sedikit ketimbang kompetitor. Hanya spidometer model analog dan digital, yang memiliki fitur indikator Eco Mode. Bisa diset Eco dan Power. Keunggulan engine pabrikan berlambang S ini pada kepala silinder DOHC 4 klep dan silinder diperkuat dengan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material). Sedang sistem pendinginan dibantu oil cooler. Sayang pasokan bensin masih karburator.
Suzuki Satria F150 : **** 
Yamaha MX King 150: ***** 

DESAIN
Keduanya memang menawarkan genre berbeda, MX King masih bebek sedang Satria ayam jago. MX King 150 lebih gambot tapi menggunakan LED Position Light di depan serta LED Tail Light mirip Yamaha YZF-R25. Sedangkan Suzuki Satria F150 lebih ramping. Tapi, desain Satria F begitu-gitu saja, hanya ganti bentuk batok head lamp. Lampu depan Satria 150 cc ini didesain ala Suzuki GSX-R600.
Suzuki Satria F150 : ****
Yamaha MX King 150 : *****

RIDING POSITION & HANDLING
Enak mana saat diduduki? MX King cenderung lebih santai karena posisi setang lebih tinggi dan lebar. Sementara posisi duduk Satria cenderung lebih sporti, setang lebih rendah dan sempit. Dengan bodi langsing, Satria memang lebih lincah dalam bermanuver.

Belum lagi dukungan setingan suspensi Satria yang lebih pas, empuknya dapat tapi juga masih stabil di kecepatan tinggi. Sementara MX King suspensi belakang sedikit lebih soft, nyaman namun terlalu liar saat high speed.
Suzuki Satria F150 : ****
Yamaha MX King 150 : ***
  

HARGA
MX King ditawarkan Rp 18,95 juta, sementara Satria F150 sedikit lebih mahal, Rp 19,82 juta (OTR Jakarta). Ada selisih Rp 870 ribu yang bisa disimpan atau untuk modifikasi.
Suzuki Satria F150 : ***   
Yamaha MX King 150 : ****  


Bersambung ya.. pada artikel berikutnya akan dipaparkan data performa dan konsumsi BBM dari kedua motor ini. Jangan ketinggalan! (motor.otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa