Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride KTM RC200, Enggak Ada Musuh Nih!

Dimas Pradopo - Jumat, 2 Januari 2015 | 14:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Desain dan ukuran bodinya enggak ada bedanya dengan produk RC390. Itu membuat riding dengan RC200 tidak terlihat kecil, meski mesin yang dipakai lebih kecil

Jakarta - KTM RC200 sudah hadir di Tanah Air. PT Moto KTM Indonesia (MKI) selaku agen tunggal pemegang merek, sudah siap melayani konsumen yang hendak bawa pulang motor full fairing 200 cc ini.

Bila dilihat dari kategorinya sebagai motor sport full fairing, RC200 ini enggak ada musuhnya. Pasalnya dikategori yang sama, pesaing lainnya menggendong mesin berkapasitas 250 cc. Enggak ada musuh di kelas 200 cc full fairing dong?

No caption
No credit
No caption

Spidometer full digital, lebih keren dan informasi yang diberikan jelas terbaca
UPSIDE DOWN
OTOMOTIF berkesempatan melakukan first ride, produk yang bakalan bisa jadi lirikan biker penyuka motor full fairing single silinder. Oiya sebelum bahas lebih dalam, RC200 harga jualnya adalah Rp 59,9 juta. Cukup mahal juga harga yang dipatok untuk motor full fairing 200 cc. 

Dengan mesin yang sama single silinder, pabrikan motor Jepang kasih harga paling mahal Rp 55,2 juta. "Mungkin karena CBU, bikin harganya jadi mahal," gumam Mr. Testo. Slow, soal harga bisa jadi enggak masalah kalau salah satu produk andalan MKI ini punya banyak kelebihan yang ditawarkan. 
No caption
No credit
No caption

Buka jok,lubang kuncinya ada di bawah

Langsung lanjut ke first ride yang dilakoni rider bertinggi badan 175 cm dan bobot 75 kg.Desain bodi yang agresif, bisa dibilang menggambarkan karakter mesin yang ditemplokkan pada sasis berkelir orange. Enggak hanya itu, Mr. Testo merasa pas duduk dan mengendarai RC200.

"Ukuran bodinya enggak ada bedanya dengan produk RC390. Itu membuat riding dengan RC200 tidak terlihat kecil, mesinnya lebih kecil dari RC390," papar Mr. Testo.Perbedaan mendasar dari kedua produk tersebut, hanya terletak pada kelir yang ada di fairing. Dimana produk RC200 dikelir hitam, sedangkan warna putih pada tameng depan RC390.
No caption
No credit
No caption

Aki dan sekering, adanya di depan bro  

Enggak adanya perbedaan antara keseluruhan desain dari RC200 dan RC390, membuat riding position boleh dibilang sami mawon (sama saja, red). Genggaman setangnya yang lebar, bikin tangan enggak nyangkut atau terlalu mepet dengan tangki bahan bakar saat melakukan manuver belok putar arah.

Dari suara mesinnya, sudah pasti enggak segarang RC390. Dengan ukuran diameter bore yang 72 mm dan panjang langkah 49 mm, sama dengan mesin yang dipakaikan pada produk KTM Duke 200. Bahasa teknisnya, mesin RC200 ini overbore. Sesuai karakternya, saat gas dipelintir raungan mesin RC200 bisa dengan mudah bermain di putaran mesin atas dan disinilah baru terasa galaknya mesinnya.
No caption
No credit
No caption

Sok depan model upside down, punya nilai jual tersendiri    

Suspensi depannya pasti bikin ngiler penyuka motor sport full fairing. Dikala pemain 250 cc satu silinder masih pakai teleskopik, RC200 sudah pakai sok depan model upside down. Soal suspensi belakang, jangan diragukan lagi. Mau berakselerasi di trek lurus maupun menikung. Bawaan RC200 anteng-anteng saja.

Spidometer dengan fitur full digital, pastinya bikin RC200 jadi motor dari generasi teknologi terkini. Selain itu, rider juga bisa cukup jelas membaca informasi yang diberikan pada layar spidometer. (otomotifnet.com)



Desain bodi, enggak beda dengan RC390    
Data Spesifikasi  
Mesin : silinder tunggal, 4 tak, berpendingin cairan
Kapasitas : 199,5 cc
Diameter Piston X Panjang Langkah : 72 x 49 0mm
Performa : 25 dk
Transmisi : 6 percepatan
Frame : Tubular
Sok Depan : WP upside down
Sok Belakang : Monoshock
Pengereman Depan : Cakram, 300 mm, Kaliper 4 piston
Pengereman Belakang : Cakram, 230 mm, piston tunggal
Jarak Sumbu Roda : 1.340 + 15 mm
Jarak ke Tanah : 178,5 mm
Tinggi Jok : 820 mm
Berat kosong : 137,5 kg
Kapasitas Tangki : 10 liter

    

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa