Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Toolkit Motor Sport 250cc, Siapa Yang Paling Lengkap?

Dimas Pradopo - Rabu, 16 Juli 2014 | 20:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Toolkit ini berguna ketika dalam keadaan darurat, di mana pengguna harus memperbaiki tunggangannya sendiri.

Jakarta -  Sejatinya pengguna motor sport kelas 250 cc bisa dikategorikan orang-orang dengan golongan ekonomi menengah ke atas. Kebanyakan untuk urusan perawatan motor pun mereka ogah ribet dan lebih memilih menyerahkannya ke bengkel dan terima beres.

No caption
No credit
No caption

Kunci ring 24 mm umumnya untuk buka roda makanya dilengkapi besi pegangan untuk memudahkan

Tapi yang namanya motor dengan harga lumayan tinggi, pabrikan seharusnya memberikan value lebih untuk konsumen-konsumennya. Salah satunya dengan melengkapi motor dengan toolkit standar. Toolkit ini berguna ketika dalam keadaan darurat, di mana pengguna harus memperbaiki tunggangannya sendiri. Lalu mana yang dibekali toolkit paling lengkap?

Kawasaki Ninja RR Mono dan Z250 SL

Dua jagoan baru Kawasaki ini hanya beda baju yang dipakai, yang satu full fairing dan satu lagi naked. Keduanya punya ruang penyimpanan yang sangat terbatas, tapi pabrikan membekalinya dengan toolkit di balik jok pembonceng. Bisa dibilang toolkit di motor ini paling komplet.

No caption
No credit
No caption

Kawasaki Ninja RR Mono dan Z250 SL dibekali dua kunci sokbreker belakang, fungsi sama tapi bentuk sedikit berbeda

Isinya kunci pas 14-17 mm, kunci pas 10-12 mm, kunci L-5, kunci L-7, kunci roda dan pegangannya, tang, obeng plus, dua buah kunci sokbreker belakang untuk mengatur kekerasan sokbreker, dan sebuah kunci panjang seperti kunci busi dengan ujung 8 dan 12 mm. “Kemungkinan untuk membuka jok pengendara karena posisi aki ada di situ,” kata Supri Hantono, Chief Mechanic Kawasaki Motor City.

Honda CBR 250R

Berpatokan dari Honda CBR250R versi lama, tookit bawaannya termasuk lengkap. “Ada kunci untuk setel sokbreker belakang, kunci pas 8-10 mm, kunci pas 12-14 mm, kunci busi, kunci 24 mm, kunci 19 mm, pegangan kunci 24 dan 19 mm, obeng plus-minus dan kunci L-5,” kata Banu Pudjianto, Service Advisor Honda Daya Motor Cisalak.

Suzuki Inazuma

Nah, di balik jok motor bergenre sport turing ini bersemanyam kantong toolkit yang isinya cukup lengkap. Ada kunci sok untuk menyetel keras-lembut sokbreker belakang, tang, kunci busi, obeng, kunci ring 24 mm, kunci pas 10-12 mm, kunci pas 14-17 mm, pegangan kunci 24 mm, kunci L-4, kunci L-6 dan obeng plus.

No caption
No credit
No caption

Obeng plus, tang, kunci roda, pas 10-12 mm, pas 14-17 mm dan kunci L jadi peranti standar motor-motor ini

Kawasaki Ninja 250 FI dan Z250

Meski satu pabrikan, toolkit bawaan Kawasaki Ninja 250FI dan Z250 yang bermesin dua silinder ini, berbeda dengan milik Ninja RR Mono dan Z250SL. Isinya kunci ring 24 mm berikut pegangannya, lalu kunci L-4 dan L-6, tang, kunci pas 10-12 mm, kunci pas 14-17 mm serta obeng plus. Beda di kunci setelan sokbreker yang cuma ada satu dibanding saudara sepabrik bermesin silinder tunggal yang dilengkapi dua kunci setelan sokbreker belakang.



Toolkit umumnya tersimpan di ruang yang ada di balik jok penumpang atau justru nempel di jok seperti milik Yamaha R25


Yamaha R25

Andalan baru Yamaha ini dibekali toolkit yang diikat di balik jok penumpang. “Isinya ada kunci pas 8-10 mm, kunci pas 10-12 mm, obeng plus dan minus berikut pegangannya, kunci L-8, kunci L-4, dan kunci untuk menyetel preload sokbreker belakang sama pegangannya,” urai Slamet, selaku Instructur Yamaha Training Academy. (motor.otomotifnet.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa