Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Ride CBR 250R Racing, Spek OMR Kaya Motor Harian!

billy - Kamis, 5 Desember 2013 | 18:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kaki-kaki lengket di aspal, maunya rebah terus!
Bogor - Setelah merasakan impresi pertama di area paddock Astra Motor Racing Team (ART) seperti dibahas sebelumnya, klik di sini . Kini saatnya turun langsung ke lintasan! Trek sirkuit Sentul sudah menanti. Kali pertama, kita coba CBR 250R dengan spek one make race (OMR) ya!

Banyak Standarnya!
Penampilan fisik, hampir tidak ada yang berbeda dengan CBR 250R spek Kejurnas kecuali warna peleknya. Yang ini silver sehingga terlihat lebih resik. Tapi kalau diperhatikan detail, baru nampak jelas kalau CBR 250R ini mirip banget motor standar.

Di area kemudi misalnya, setang masih bawaan pabrik. Begitu juga dengan speedometer dan panel indikator yang lain juga masih berfungsi. "Takometernya pakai standar bawaan motor aja," beber Wawan Hermawan, sang pembalap sesungguhnya yang motornya kali ini kami pinjam.

No caption
No credit
No caption

Tuh, setang dan spidometer masih standar, hidupin mesin masih pakai electric starter. Cuma ada tambahan stabilizer setang aja.
Karena setang dan footstep masih standar, enggak heran kalau posisi duduknya mirip banget naik CBR 250R bawaan pabrik. Paling yang bikin beda joknya yang enggak lagi empuk. Di motor balap ini, diganti dengan busa tipis yang tebalnya paling tak sampai 5 cm.

Menyalakan mesin, masih pakai tombol electric starter. Hehee.. Ini baru motor balap yang memudahkan, gak perlu main dorong-dorongan! "Karena di kelas OMR memang tidak diperbolehkan melakukan banyak modifikasi, jadi hanya secukupnya saja," jelas Ade Rachmat, Manajer Teknik ART.

No caption
No credit
No caption

Knalpot TSR dari Jepang, dongkrak performa lumayan banyak!
"Cuma ubah kem, per klep, per kopling, knalpot dan pakai ECU Vortex, tenaga maksimal sekitar 36 dk,” terangnya sambil bilang rasio kompresi hanya 11,5:1. "Seandainya dipakai harian juga masih bisa kok, aman-aman saja. Awet dan enggak gampang jebol," sambung Wawan sambil meyakinkan bahwa sejak pertama kali turun balap di musim 2013 belum pernah ganti kampas kopling.

Suara dari knalpot TSR terdengar menggelegar, plong banget saat gas dibuka penuh. “Power di atas 7 ribu rpm, pindah gigi enaknya di kisaran 11 ribu,” terang Wawan yang saat pengetesan ini didampingi rekan satu timnya, Iswandi Muis dan Dimas Ekky Pratama.

No caption
No credit
No caption

Rem depan masih standar cuma ganti selang rem, sedang yang belakang dikawal Ohlins
Dan benar saja, saat masuk ke sirkuit, di bawah 7 ribu rpm terasa biasa saja, setelah itu cukup cepat teriak sampai lebih dari 11 ribu rpm. Tak heran jika akselerasi lebih cepat dari CBR standar, diukur pakai Racelogic terbaca 100 km/jam dari diam hanya 6,1 detik, standar 8,4 detik. Jarak 402 meter 14,8 detik, standar 16,3 detik.

Asiknya, tiap pindah gigi agak menyentak. "Memang karakternya begitu, agak nyentak," bisik Wawan. Dan asiknya lagi, karena peak power dan torsinya tidak di putaran mesin yang terlalu tinggi, saat koreksi racing line atau koreksi saat salah pindah gigi, kecepatan tidak langsung ngedrop. 

No caption
No credit
No caption

Ngetes motor balap kali ini langsung dibimbing tiga pembalap andalan ART
Bagaimana dengan top speed? Di ujung straight di spidometer terbaca 183 km/jam, lumayan ya, standarnya kisaran 160 km/jam saja. "Saat balap beneran, kalau lagi slipstreame atau curi angin di belakang pembalap lain, top speed di spidometer bisa 192 km/jam," jelasnya.

Handling juga terbilang istimewa, stabil banget kendati diajak rebah sambil buka gas. Padahal kaki-kakinya masih banyak yang standar. Sokbraker depan hanya dimodifikasi komponen dalamnya. Swing arm juga masih ori. Cuma suspensi Ohlins yang dipakai maksimal memberikan redaman. Ban Pirelli yang dipasang di pelek standar juga lengket banget.

Maunya rebah terus! (motor.otomotifnet.com)



Data tes
CBR 250R standar
0-60 km/jam: 3,1 detik
0-80 km/jam: 5,2 detik
0-100 km/jam: 8,4 detik
0-100 m: 6,5 detik
0-201 m: 10,1 detik
0-402 m: 16,3 detik

CBR 250R Spek OMR
0-60 km/jam: 2,8 detik
0-80 km/jam: 4,2 detik
0-100 km/jam: 61, detik
0-100 m: 6,1 detik
0-201 m: 9,4 detik
0-402 m: 14,8 detik


Impresi paddock Astra Motor Racing Team
Test Ride Honda CBR250R spek OMR
Test Ride Honda CBR250R spek Kejurnas

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa