Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride Vespa S 150ie, Berasa Lebih Sporty!

Dimas Pradopo - Jumat, 27 April 2012 | 08:22 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Selepas launching Vespa S 150ie kemarin siang (26/4), kru otomotifnet.com / motorplus-online.com mendapat kesempatan menjajal matik baru Piaggio ini diseputaran Menteng, Jakarta Pusat. Meski tidak cuma sekelebatan, tapi lumayan untuk merasakan impresi awalnya.

Impresi yang paling kuat terasa adalah penampilannya yang lebih sporty ketimbang Vespa LX 150ie. Lampu depan-belakang yang lebih kaku dengan bentuk kotak membuatnya tampak maskulin. Komponen kecil seperti spion dan grab bar atau behel belakang juga didesain berbeda.

Sepatbor juga bentuk lampunya yang lebih ramping mengingatkan kita pada Vespa P100TS di tahun 70an. "Memang secara desain banyak terpengaruh model-model Vespa sebelumnya," ungkap Sony Budiwasono, Marketing Manager PT Piaggio Indonesia.

Sepatbor yang lebih singset ini akhirnya mampu menonjolkan aura sporty dari sokbraker dengan ulir berwarna merah. Finishing peleknya juga dilabur warna hitam. Benar-benar sporty!

No caption
No credit
No caption

Yuk langsung jajal! Unit berwarna putih jadi pilihan. Selain warna ini PT PI masih punya tiga warna lain. Yaitu Arancio Taormina (oranye), Rosso Dragon (merah) dan Nero Vulcano (hitam). Wuih, namanya Italiano banget hehee..

Saat duduk di atas joknya terasa sedikit lebih rendah, kaki masih tetap jinjit untuk pengendara dengan tinggi badan 170 cm tapi tidak terlalu menyiksa. Mungkin karena perbedaan kontur di permukaan atas jok yang memiliki desain baru.

Alas pantat ini sama lebarnya bila dibandingan dengan Vespa LX 150ie. Begitu juga dengan posisi setang, dan pijakan kakinya hampir tidak ada yang berbeda bila dibandingkan dengan sang kakak yang lebih dulu beredar di jalanan Indonesia.

Mesin juga serupa, sama-sama satu silinder 149,5 cc dengan tenaga 8,6 kW dan torsi 11,2 Nm. Mesin yang masih berpendingin udara ini mengusung teknologi injeksi yang sudah lolos standar emisi Euro3.

Jadi jangan heran bila saat betot selongsong gas-nya, memiliki respon yang tidak jauh beda dengan Vespa LX 150ie. Begitu juga dengan kaki-kakinya, suspensi lengan tunggal dengan pegas helical di depan masih sangat nyaman pada kecepatan sedang di jalan rata.


Sedang yang belakang juga tetap mengandalkan peredam kejut hidrolis dengan 4 setting adjustable. Bedanya dengan Vespa LX 150ie hanya pada warna ulis pegasnya, selebihnya sama. Oiya rem depannya juga sama, gigitannya masih terasa kurang mantab.

Satu lagi yang menyita perhatian, desain speedometer dan panel indikatornya lebih menarik. Terlihat rumit dan sempit tapi tetap mudah dibaca. Warna panel di dalamnya juga nampak lebih sporty. (motorplus-online.com)

 Spesifikasi VESPA S 150ie
Mesin: L.E.A.D.E.R, 4 langkah silinder tunggal, 2 katup
Sistem Pembakaran: Injeksi
Kapasitas: 149,5 cc
Daya Maksimum: 8.6 kW / 8,000 rpm
Torsi Maksimum: 11.2 Nm at 6,250 rpm
Sistem Pendinginan: Udara
Transmisi: CVT Otomatis
Suspensi Depan: Lengan tunggal dengan pegas helical & peredam kejut hidrolis double-acting tunggal
Suspensi belakang: Peredam kejut dengan 4 setting adjustable
Rem Depan: Cakram
Rem belakang: Tromol
Ban Depan: Tubeless 110/70 – 11”
Ban Belakang: Tubeless 120/70 – 10”
Panjang: 1,770
Lebar: 705 mm
Jarak Sumbu Roda: 1,280 mm
Jarak Jok ke Tanah: 785 mm
Kapasitas Tangki: 8.5 litres
Emisi: Euro 3


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa