Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

New Scorpio Z, Hasil Kolaborasi Yamaha MT-01 dan FZ 8

Editor - Rabu, 22 September 2010 | 15:17 WIB
New Scorpio Z, Hasil Kolaborasi Yamaha MT-01 dan FZ 8
New Scorpio Z, Hasil Kolaborasi Yamaha MT-01 dan FZ 8

OTOMOTIFNET - ‎PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) akhirnya resmi meluncurkan generasi terbaru  dari Yamaha Scorpio Z.

Namanya saja facelift, tentunya perubahan tampang pada motor menjadi yang utama. Perubahan tampang ini, diklaim oleh YMKI merupakan hasil penggabungan dua motor bergenre street fighter dari Yamaha.

"Tampilan baru ini merupakan hasil penggabungan tampang dua moge Yamaha street fighter, yakni MT-01 dan FZ 8 yang terkenal di Eropa," jelas Muhamad Abidin, Manager Technical Dept. Service Division YMKI disela-sela peluncuran unit baru ini di restoran Le Bridge, Ancol pada Selasa (20/9).

Hal ini tampak dari headlamp multi reflektor lancip, yang diambil dari desain motor besar, FZ8 yang dikenalkan di Eropa belum lama ini. Asiknya, impresi futuristic langsung terasa begitu melihat perubahan lampu baru yang menggusur lampu bulat dari tipe sebelumnya.

Tak hanya itu, tampilan samping motor berbobot 141 kg ini juga disempurnakan dengan desain street fighter Eropa, Yamaha MT-01. Terlihat dari desain tangki yang kini dilengkapi tutup tangki sport. Serta shroud tank, dan bodi samping baru yang menambah kesan gagah.

Tentunya tampang baru ini membuat tampilan keseluruhan New Scorpio Z lebih garang dan sporty dibanding versi lawasnya. Apalagi sektor tampilan belakang juga menggunakan lampu berjenis LED. Lampu ini menggusur lampu lamanya yang masih berupa lampu bulb konvensional.

Bagian pembuangan, New Scorpio Z, tidak kalah gaya ketimbang Yamaha Byson. Motor ini juga telah mengaplikasi bentuk knalpot besar dan futuristic. Lebar diameter cakramnya pun dimodifikasi jadi lebih besar yakni, 267 mm. Selain bisa mendongkrak tampilan, juga mampu menambah sistem safety New Scorpio Z.

Sedang ubahan pada dapur pacunya YMKI hanya mengubah pengabut bahan bakar yang kini menggunakan karburator SU 30 mm. Sistem ini telah dilengkapi sistem dual katup seperti pada tipe skuter Xeon, yang bertujuan agar akselerasi mesin lebih cepat.

Sayangnya, motor ini masih memakai mesin yang sama dengan generasi sebelumnya. Yakni, mesin satu silinder SOHC berkapasitas bersih 223 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 18,2 dk pada 8000 rpm. Dan, mampu meraih torsi hingga 17,5 Nm di 6500 rpm. Tentu tenaga sebesar ini cukup mumpuni untuk dibawa turing keluar kota.

Untuk urusan pilihan warna, YMKI menawarkan tiga paduan warna garang, yakni warna merah, hitam dan putih yang saat ini sedang naik daun. Jadi lebih komplit bukan...!

Penulis/Foto : Ilham

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa