Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride Honda Scoopy, Versi Karburator Tetap Responsif

Editor - Senin, 7 Juni 2010 | 16:47 WIB
First Ride Honda Scoopy, Versi Karburator Tetap Responsif
First Ride Honda Scoopy, Versi Karburator Tetap Responsif

OTOMOTIFNET - Meski sebelumnya sudah sempat menjajal Honda Scoopy versi Thailand, kini saatnya merasakan Scoopy versi Indonesia yang baru dilaunching oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu yang lalu.

Bertempat di area tes milik AHM, di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Skutik ini langsung di jajal di lintasan sepanjang kurang lebih 1km berbentuk kapsul, dengan dua tikungan putar balik di ujung lintasan. Rasanya? Hemm.. ternyata tidak jauh berbeda dengan versi CBU.

Bila dibandingkan dengan versi Thailand pun, hampir tak ada bedanya. Yang paling terlihat jelas adalah, model pelek palang yang di sajikan oleh AHM. Pengabutan bahan bakar masih pakai karburator dan design stripping di sisi samping body yang dibuat lebih panjang ke belakang. Selebihnya semuanya sama.

Honda Scoopy ini sebenarnya memiliki platform yang sama dengan Honda BeAT. Tapi tetap banyak perbedaan. Khususnya pada riding position. Meski menggunakan sasis yang sama dengan Honda BeAT tapi pada Scoopy rangka pada pijakan kaki lebih lebar. Yang pasti membuat ruang kaki lebih lebar dan luas dibandingkan dengan Honda BeAT.

Posisi duduknya juga makin nyaman dengan stang yang lebih tinggi dari Honda BeAT. Kalau BeAT menekuk ke dalam sehingga lebih sporty, sedang Scoopy malah baplang dan lebih tinggi. Akhirnya posisi duduknya jadi tegak dan nyaman. Apalagi joknya lebar dan empuk, maunya jalan-jalan terus deh!

Saat membuka jok, bagasi tempat penyimpanan barang sudah di lengkapi dengan penutup meski sebenarnya ukurannya tidak terlalu besar. Satu jas hujan saja sudah membuat sempit bagasi tambahan ini.

Uniknya, tempat penyimpanan toolkit pada Scoopy dibuat tersembunyi. OTOMOTIFNET.com sempat kecele. Ooo.. ternyata setelah ditelisik dan diperhatikan, toolkit standar ada di bawah papan jok. Namun sayang, toolkit bawaan nya hanya ada kunci busi disertai obeng tanpa kunci pas dan tang. Irit banget, mana cukup! Masa mau lepas plat nomor harus ke bengkel?

Honda Scoopy (2010-2013)
Salim/Otomotifnet
Honda Scoopy (2010-2013)

Versi Karburator, Tetap Responsif

Mesin berkapasitas 108cc, SOHC berpendingin udara. Kompresinya 9,2:1 dan menghasilkan tenaga hingga 8,28 ps. Salah satu keuntungan mesin sama dengan Honda BeAT adalah ketersediaan racing partnya. Buat yang suka ngoprek atau mau turun road race skutik tak perlu repot lagi riset.

Meski kental dengan aroma retronya, Scoopy mampu menembus kecepatan 95km/jam dengan jarak kurang lebih 500 meter. Itu belum top speed loh! Maklum trek yang hanya 1 kilometer rasanya masih kurang panjang.

Performa mesinnya tetap responsif meski hanya menggunakan sistem pengabutan bahan bakar karburator. Tak jauh berbeda dengan versi injeksi dari Thailand yang sebelumnya pernah OTOMOTIFNET.com coba. 

Untuk handlingnya pun cukup stabil. Mencoba kelihaian Scoopy di tikungan tajam. Saat direbahkan di kondisi jalan berpasir, sokbraker depan masih sanggup meredam getaran dan ban bawaan pabriknya pun tetap meluncur dengan mulus. Suspensinya yang keras khas skutik mampu diredam dengan jok yang cukup tebal dan empuk.

Penulis/Foto: Heru/Heru,Audi
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa