Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Focus TDCI VS Hyundai i20 CRDI

Editor - Kamis, 10 Juni 2010 | 08:49 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Dipandang remeh oleh pengemudi lain kadangkala ada enaknya juga. Contohnya kala menguji dua hatchback ‘berisik’   ini.  Asap hitam tipis yang kadang keluar dari knalpot, mengundang penasaran sedan hingga SUV  yang kami dahului di trek berliku Jabar-Jateng. Disangkanya dua peminum solar ini makanan empuk untuk dipermainkan. Nyatanya tak butuh waktu lama untuk meninggalkan mereka di kejauhan. Alhasil,  skenario duel  untuk tulisan dua  hothatch ini berubah jadi duet  maut menguji trek tes dengan  mobil penguntit lainnya.

PERFORMA
Soal performa, tentulah terlihat dari kapasitas mesin dan teknologi transmisi yang berbeda. Ford Focus bervolume 2.000 cc sedangkan i20 1.400 cc. Tetapi di antara keduanya, ada kesamaan karakter mesin diesel common-rail  dengan Variable Geometry Turbo-nya. Mulai putaran menengah bawah hingga atas tarikan ‘berisi’ sehingga akselerasi bisa berlangsung cepat.

Urusan akselerasi, bobot ringan  Hyundai i20 sangatlah menolong, sehingga kalau dipakai di tanjakan dan jalanan lurus sangatlah mumpuni. Meski urusan top speed hingga 170 km/jam saja. Sementara Ford Focus, dengan transmisi DSG, akselerasinya cepat walau bobotnya lebih berat, top speed pun tinggi, di atas 230 km/jam.

KONSUMSI BBM

Kedua peminum solar ini, membuktikan bahwa memang, konsumsi bahan bakar menjadi salah satu ‘nilai jual’, karena relatif irit. Apalagi ketika berhadapan dengan kondisi jalan lancar atau pun jalanan luar kota yang memungkinkan putara mesin hanya bermain  pada  torsi puncak dengan gigi tinggi.

Seperti Ford Focus dan Hyundai i20 ini, keunggulan luar biasa ketika berada pada kondisi kecepatan konstan dan pada rute di luar kota, jika dibandingkan dengan tunggangan sekelas yang meminum bensin. Tentunya dibandingkan dengan besarnya tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin diesel ini.

No caption
No credit
No caption

Siulan turbo i20 jadi hiburan. mesin terbaik dengan top speed 170 km/jam(i20) dan 230 km/jam(Focus)
No caption
No credit
No caption

Dasbor dan kabin focus lega. Sementara i20 juga pintar soal kompromi legroom dan head room
No caption
No credit
No caption

Putaran bawah-atas selalu berisi. Apalagi Focus dengan keunggulan transmisi DSG
No caption
No credit
No caption

Desain Focus lebih memanjakan mata. Namun i20 juga cukup menggoda dengan small is beautiful

AKOMODASI
Lewat dimensi berbeda, bisa langsung diramalkan interiornya. Dan memang Ford Focus memiliki kabin lebih lega ketimbang i20. Setelan jok pengemudi Focus pun lebih banyak, karena ada setelan ketinggiannya.

Ruang buat kaki penumpang depan tidak akan mengurangi kelegaan ruang kaki maupun kepala penumpang belakang.  Beda dengan i20 yang dimensinya sekelas mini MPV mesti ada kompromi antara penumpang depan dan belakang. Pun demikian dengan ruang bagasi. Jelas hatchback yang memiliki dimensi mid sedan ini punya bagasi lebih lega.  Lebih panjang dan lega!

KENYAMANAN
Karakter suspensi kedua hatchback ini relatif berbeda. Keduanya pakai pelek besar, Focus 17 inci dan i20 16 inci. Namun suspensi i20 terasa lebih keras ketimbang Focus.

Keheningan interior pun bisa diredam dengan baik pada Focus. Sementara i20 menyisakan sedikit siulan turbo dan deru mesin di interior.  Duduk di Focus pun lebih nyaman karena jok kulitnya lebih empuk dan lebar ketimbang i20.

FITUR

Tak dipungkiri Focus punya kelebihan. Kapasitas mesin lebih besar dengan harga lebih mahal pasti jadi poin plus.

Sebut AC dual zone pada Focus dengan jok berlapis kulit, tentu menambah kenyaman. Jangan lupakan juga kemampuan tuas di balik setir Focus yang memiliki kemampuan mengontrol MID di panel spidometer.

STYLE
Focus punya dimensi lebih besar, tapi style dan dimensi i20 tampak serasi. Kini stigma tentang kesan mobil ginseng yang kaku bisa dilupakan.

Tengok tampilan belakang Focus. Lampu ada pilar C terlihat maksimal mengikuti kontur bodi keseluruhan, dan tampang depan lebih sporti.

Sementara i20 dengan bodi mungil yang menipu, nampak tak kalah keren. Contoh lampu belakang yang manis mengikuti garis bodi samping.

KESIMPULAN


Focus TDCi
i20 CRDI
Performa
* * * *
* * *
Konsumsi BBM
* * *
* * * *
Akomodasi
* * * *
* * *
Kenyamanan
* * * *
* * *
Style
* * *
* * *
Fitur
* * * *
* * *

Hasil Tes

 
Akselerasi
Ford Focus Hyundai i20
0-100 km/jam
9,1 detik 10,8 detik
40-80 km/jam
4,0 detik 5,1 detik
0-402 m
16,8 detik 17,8 detik
konsumsi bahan bakar (liter/km)
 
dalam kota
1/11 1/13
Konstan 100 km/jam
1/17,4 1/21
Luar kota
1/14 1/16

Data Spesifikasi

Ford Focus TDCi
Kapasitas mesin 2.000 cc
4 silinder segaris DOHC, 16 katup, commonrail diesel, variable geometry turbo
Tenaga maksimum 136 dk/4.000 rpm
Torsi maksimumnya 320 Nm/2.000 rpm
Akselerasi dari 0-100 km/jam 9,1 detik
Pengereman 100-0 km/jam 40 meter
Konsumsi bahan bakar dalam kota 1:11
Harga Rp 329 juta(OTR)

Hyundai i20 CRDi
Kapasitas mesin 1.400 cc
16 katup DOHC, commonrail diesel, variable geometry turbo
Tenaga maksimum 90 dk/5.500 rpm
Torsi maksimum 220 Nm/1.750-2.750 rpm
Akselerasi dari 0-100 km/jam 10,8 detik
Pengereman 100-0 km/jam 40 meter
Konsumsi bahan bakar 1:13
Harga Rp 197,6 juta(OTR)

Penulis/Foto: Tim Otomotif / F.Yosi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa