Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lampu Rem Mio Nyala Terus, Atasi Dengan Rp 55 Ribu Saja!

Otomotifnet - Kamis, 23 Juli 2015 | 07:58 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Banyak kejadian stoplamp menyala terus meski tuas rem atau pedal rem belum ditekan. Herannya, kondisi ini kadang dibiarkan oleh sang pemilik. Entah karena tidak tahu, atau sengaja dibiarkan. Padahal efek buruknya bisa bikin aki tekor!

Seperti yang dialami Iwan, pembesut Yamaha Mio lansiran 2006. “Baru sekitar 6 bulan ganti aki baru, tapi pas mau starter mesin ogah nyala. Ternyata setelah saya cek, lampu rem belakang menyala terus meski tuas rem tidak ditekan. Hal ini yang menyebabkan aki tekor,” beber warga Ciledug, Tangerang.

Setelah tunggangan digelandang ke Matic Shop (MS), Basio, mekanik MS bilang bahwa hal ini sering terjadi di semua skutik. “Penyakit utamanya karena tuas rem sisi kanan yang bersentuhan langsung dengan switch rem sudah aus dan harus ganti baru. Bisa juga diakali dengan ditambal lem, tapi enggak bertahan lama,” ujar pebengkel di Jl. Ciledug Raya, Tangerang.

Nah bagaimana penanganan selanjutnya, berikut pemaparan mekanik yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun ini. “Yang pasti cuma modal Rp 55 ribu, aki enggak tekor lagi,” paparnya.
(otomotifnet.com)

Matic Shop : 021-68835990

No caption
No credit
No caption

Stoplamp Mio menyala terus, biasanya karena switch rem dan tuas rem depan (kanan) sudah aus. Hal ini enggak bisa dibiarkan, karena tegangan aki mengalir terus dan bikin tekor.

No caption
No credit
No caption

“Khusus kondisi mendesak, bila kejadian ini jauh dari bengkel atau tidak mungkin dilakukan penggantian dengan segera, untuk sementara tuas rem bisa diganjal dengan kertas, biar arus aki tak tersedot ke lampu terus-terusan,” ujar Basio

No caption
No credit
No caption

Cara pengecekan, langkah awal copot batok lampu dengan cara melepas 4 baut pengikatnya menggunakan obeng kembang. Dilanjutkan melepas tuas rem sisi kanan menggunakan kunci T-10

No caption
No credit
No caption

Setelah tuas rem lepas, akan terlihat perbedaannya. Tuas rem baru (kanan) bagian ujungnya rata, sedangkan tuas rem lama (kiri) terdapat coakan karena tergerus. Mesti ganti baru dengan ongkos tebus Rp 25 ribu


Lanjutkan lepas switch rem dari dudukannya dan melepas soketnya. Akan tampak bahwa switch rem baru (kanan), tonjokannya lebih panjang. Sedangkan rem lama (kiri) sudah agak pendek karena aus. Ongkos tebusnya Rp 30 ribu. Total belanja Rp 55 ribu, aki enggak tekor lagi!

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa