Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Estimasi Biaya Servis Honda Vario Techno 125 PGM-FI Tahun Ketiga

Otomotifnet - Kamis, 9 Juli 2015 | 12:06 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta
- Tak terasa Honda Vario Techno 125 PGM-FI sudah berumur tiga tahun sejak diluncurkan perdana Maret 2012 lalu. Pastinya sudah mulai banyak peranti yang aus yang bikin performa menurun.

“Pemakaian normal, biasanya sudah menempuh jarak rata-rata 30.000 km. Wajib dilakukan servis besar dan penggantian komponen slow moving,” ujar Adi, wakil kepala mekanik Honda Cipulir Motor (HCM).

Pebengkel di Jl. Ciledug Raya, Cipulir Jaksel ini bilang kalau umurnya sudah tiga tahun, dipastikan ring piston sudah aus, sehingga kompresi menurun. “Hal ini yang bikin tenaga ngedrop dan konsumsi BBM lebih boros,” bebernya. Selain part tersebut, apa saja yang wajib dicek dan diganti? Berikut pemaparan lebih lengkapnya • (otomotifnet.com)

Air radiator
Anjuran pabrik, air radiator diganti setiap menempuh jarak 10.000 km. Berhubung jarak tempuhnya sudah 30.000 km, berarti air radiator masuk penggantian ketiga. “Indikasi water coolant sudah jelek yaitu agak lengket, timbul bau menyengat dan warna yang awalnya hijau berubah agak gelap,” terang Adi.

Servis Honda Vario 125
OTOMOTIFNET
Servis Honda Vario 125

Servis CVT
Servis CVT dilakukan setiap menempuh jarak 3.000 km dan kelipatannya. Lalu penggantian V-belt dan roller setiap 8.000 km. Sedangkan penggantian kampas ganda setiap 16.000 km. “Berarti ketiga peranti ini juga saatnya ganti baru biar tarikan bawah tetap responsif,” imbuh Adek, yang juga mekanik HCM.

Servis Honda Vario 125
OTOMOTIFNET
Servis Honda Vario 125

Filter udara
Filter udara matik sayap mengepak ini menggunakan tipe basah yang tidak bisa dibersihkan. Penggantiannya setiap menempuh jarak 8.000 km. Jadi pada jarak tempuh 30.000 km ini, mesti sekaligus diganti biar suplai udara ke ruang bakar tetap optimal. “Kalau belum lama ganti, tapi biar tetap bersih, debu dan kotoran di bagian pinggirnya dibersihkan pakai kuas juga boleh kok,” imbuh Adi.

Servis Honda Vario 125
OTOMOTIFNET
Servis Honda Vario 125

Servis besar
Servis besar dilakukan setiap menempuh jarak 30.000 km (3 tahun). Pengerjaannya meliputi bongkar blok mesin, cylinder head, skir klep, cek kondisi piston dan ring piston, cek busi serta bersihin injektor. Ganti oli mesin dan oli gardan juga sekaligus dilakukan pada pengerjaan ini.

Servis Honda Vario 125
OTOMOTIFNET
Servis Honda Vario 125

Usia motor 1 tahun atau sudah menempuh jarak 10.000 km, biasanya sudah ganti kampas rem depan dan belakang. Nah, di usianya yang ketiga tahun ini, penggantian yang ketiga kalinya. Tentunya agar pengereman lebih optimal karena menyangkut keselamatan.

Daftar belanja tahun ke-3

Oli mesin  Rp 46 ribu
Oli gardan Rp 20 ribu
Filter udara Rp 60 ribu
Kampas rem dpn Rp 58 ribu
Kampas rem blg Rp 60 ribu
Busi Rp 25 ribu
Air radiator Rp 26 ribu
V-belt + roller Rp 193 ribu
Piston kit Rp 135 ribu
Kampas ganda Rp 425 ribu
Sil klep @Rp 15 ribu x 2 Rp 30 ribu
Paking blok Rp 35 ribu
Karet cylinder head  Rp 75 ribu
Jasa servis besar  Rp 85 ribu
Jasa servis CVT  Rp 35 ribu
Pengerjaan 1 hari
Total biaya Rp 1,308 juta

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa