Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Suzuki Satria F150, Tanpa Bore-Up Naik 3 dk

Otomotifnet - Minggu, 28 Juni 2015 | 12:12 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Jakarta - Turun di fun race yang regulasinya bebas, Suzuki Satria F150 milik Jay Putra garapan Rully Motor Sport (RMS)  daerah Cipinang Muara, Jaktim ini tetap percaya diri tanpa bore-up dan kerap dapat podium.

“Mesin masih standar, hanya beberapa komponen yang diganti. Seher masih pakai diameter yang sama, cuma bedanya model jenong  untuk meningkatkan kompresi. Selain itu, juga menyesuaikan setingan karbu dan final gear,” papar Rully, owner RMS.

Hasilnya, meski tak meningkatkan volume ruang bakar, namun lonjakan tenaga yang terjadi cukup tinggi. Dites sebanyak 5 kali  run di atas dyno milik Sportisi Motorsport di daerah Rawamangun, Jaktim, power melejit di angka 16.66 dk pada 11.000 rpm, dibanding tenaga standar hanya 12.89 dk pada 8.900 rpm. Sedang torsi puncak ada di angka 12.11 Nm pada 9.980 rpm.

Mau tahu, ubahannya? Yuk simak! • (otomotifnet.com)

Rully Motor Sport (RMS) : 0812-13707042

No caption
No credit
No caption


Noken As
Meski kapasitas mesin ruang bakar masih standar, pengaturan debit bahan bakar harus pas buka tutupnya. Untuk itu, peranti  tersebut dicustom ulang dengan hitungan durasi 270˚ dan lift 8˚ baik in maupun ex. “Data lain rahasia dapur,” kekeh Rully.

No caption
No credit
No caption

Piston
Kompresi dibikin tinggi, kini jadi 11:1 berkat aplikasi piston Kawasaki Ninja 250R orisinal yang memiliki desain lebih  jenong alias high dome. “Namun, aplikasinya ada penyesuaiannya. Kepala piston dicoak ulang biar gak mentok klep,” jelasnya.

No caption
No credit
No caption

Pengapian
Agar beban mesin lebih ringan, pengapian dibuat total loss. Magnet digusur, arus DC untuk mengidupkan CDI berlabel BRT  I-Max dual band langsung dari aki. Bandul pengganti magnet diganti dengan lempengan seberat 600 gram. Yang menarik, koil masih mengandalkan bawaan pabrik.

No caption
No credit
No caption

Karburator

Memenuhi kebutuhan, semburan kabut bahan bakar disuplai karbu Keihin PWK 28 mm. “Untuk setingan spuyer tergantung dari  cuaca sirkuit atau permintaan mesin,” ujar pria ramah ini.


Knalpot

Knalpot merek Jonea versi oval jadi pilihan, konstruksinya yang free flow dirasa cocok dengan ubahan mesin yang  dilakukannya. Suara yang dikeluarkan juga gak terlalu ngebas, adem...

Data test
Power Standar : 12.89 dk/8.900 rpm
Power Upgrade : 16.66 dk/11.000 rpm
Torsi Standar : 10.71 Nm/7.900 rpm

Torsi Upgrade : 12.11 Nm/9.980 rpm

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa