Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kasus Vespa Terbakar, Awas Bensin dan Kelistrikan

Otomotifnet - Jumat, 22 Mei 2015 | 09:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tampak kabel bodi ikut terbakar, kemungkinan korslet dari sini

Jakarta
- Malang untuk 2 pemilik Vespa ini. Secara tak sengaja kendaraan kesayangan mereka dilalap si jago merah di 2 tempat berbeda. Waduh kenapa bisa? Jangan sampai menimpa di Vespa lain deh. Kasus pertama terjadi pada Vespa LX150ie 2011 milik Adhitya Yudho Chrysandi. “Ceritanya malam sebelum kejadian motor mogok 5 kali, dan pagi hari saat akan berangkat kerja juga begitu.

Makanya langsung deh bawa ke bengkel langganan di Neo Matica Servizio di Bintaro,” papar pria yang akrab disapa Dodot ini. Dodot melanjutkan, ketika diperiksa oleh Neo, pemilik bengkel, terdiagnosa intake manifold bocor sehingga harus diganti.

No caption
No credit
No caption

Perhatikan tangki, jika mulai dijumpai tetesan bensin segera periksa kondisinya

No caption
No credit
No caption

Vespa Dodot, dek kiri hingga CVT yang terbakar

Nah setelah selesai penggantin, dan dites jalan oleh Neo sendiri, ternyata entah dari mana timbul api dan membakar sebagian besar bodi belakang kiri. “Dek sebelah kiri sampai bagian CVT yang terbakar,” terang Neo. “Kemungkinan ada korslet di kabel bodi yang menyulut bensin, yang mungkin keluar dari tangki.

Karena setelah terbakar ternyata ada kebocoran bensin dari tangki, entah sebelum terbakar bocor atau belum,” lanjut mekanik yang bermarkas di Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan ini. Soal bensin menetes ternyata jamak terjadi, seperti diungkap Faldy pengguna Vespa Sprint 2014. “Kalau parkir bensin sering netes, ternyata karet di tangki ada yang retak,” ujarnya.

“Iya nih, apalagi kalau isi tangki kepenuhan pasti sering netes,” tambah Roka yang pakai Vespa LX150ie 2014. Mengatasinya mesti segera ganti karet di bengkel resmi, butuh dana sekitar Rp 50 ribu. “Selain itu waspadai injektor yang gampang retak. Pernah juga mengalami sambungan selang ke injektor tiba-tiba lepas, sehingga bensin ngucur keluar.

Bahkan colokan kabel di injektor juga gampang patah, bisa bikin korslet tuh. Makanya, selesai servis wajib dipastikan semuanya dalam kondisi baik dan terpasang sempurna,” saran Anom Trianto dari Anom Scooter di bilangan Fatmawati, Jaksel.

No caption
No credit
No caption

Hati-hati ketika menambah aksesori kelistrikan, pastikan tambahkan sekring

Kasus di Semarang
Satu lagi kejadian Vespa terbakar terjadi hanya selang 1 hari, tepatnya Sabtu 2 Mei yang menimpa sebuah Vespa LX150ie di Semarang. Kejadian ini dishare di sebuah forum Piaggio/Vespa modern di dunia maya oleh pemilik akun arstuvwxyz.

Dirinya menuturkan bahwa Vespa tersebut milik ayahnya, dan saat kejadian sedang diparkir dan ditinggal pergi, setelah sebelumnya dipakai dengan jarak tak lebih dari 5 km. Entah api dari mana tiba-tiba hampir semua bagian terbakar.

“Kalau tiba-tiba terbakar sendiri saya rasa susah, kemungkinan itu api dari luar. Namun mungkin saja kalau kelistrikan sudah dipasangi aksesori tapi enggak pakai sekring, sehingga saat ada korslet jadi terbakar,” analisa Anom.


Vespa Semarang, hampir habis terbakar termasuk jok

Sayang hingga berita ini diturunkan, pemilik akun belum bisa dihubungi dan tak membalas pesan yang dikirim, sehingga tak bisa dikonfirmasi lebih lanjut apakah Vespa tersebut dalam kondisi standar atau sudah dimodifikasi.

Tanggapan Piaggio Indonesia
“Untuk kasus Semarang, kalau lihat fotonya kemungkinan besar itu api dari luar, karena bagian mesin terlihat enggak terbakar. Tapi untuk memastikan kita akan melakukan investigasi lebih lanjut. Dan kalau riwayat servis memang sesuai aturan, maka nanti akan dibantu sesuai dengan masa garansi,” terang Robby Gozal, PR & Communication Specialist PT Piaggio Indonesia.

“Sedang milik Dodot, kendati kejadian di luar bengkel resmi namun nanti tetap kita bantu, karena itu motor kan dipakai untuk wara-wiri harian, kasihan kalau perbaikan kelamaan,” lanjut Robby. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa