Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perpendek Jarak Main Kopling Yamaha YZF-R25, Berat Tapi Responsif

Otomotifnet - Senin, 18 Mei 2015 | 12:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kelebihan kopling Yamaha YZF-R25 jika ditarik empuk, jadi enggak bikin pegal. Salah satu faktornya karena tuas yang nempel di bak kopling panjang. Hanya saja untuk kebutuhan balap, kondisi ini kurang menguntungkan. “Pembalap mengeluh jarak main handel terlalu jauh, jadi rawan selip,” terang Imam Gunawan, mekanik Sportisi Motorsport.

No caption
No credit
No caption


Guna mengeliminasi keluhan itu, langkah modifikasi dilakukan, tujuannya agar jarak main handel pendek namun kopling tetap benar-benar bebas, sehingga makin responsif. “Pindahin saja dudukan kabelnya, lebih mendekati as (gbr.1),” terang Imam. Kerugiannya handel memang jadi lebih berat.
No caption
No credit
No caption


Bagaimana cara memindahkannya? Kali ini dicontohkan Opi, mekanik Ultra Speed Racing di Jl. Panjang Kebon Jeruk, Jakbar. Langkah pertama kendurkan mur pengunci, lalu buka pengunci kabel kopling. Lanjut lepas kabel dari tuas kopling.

No caption
No credit
No caption


Langkah selanjutnya ambil tang lancip untuk melepas spi pengunci tuas kopling (gbr.2). “Hati-hati mencelat,” wanti Opi. Berikutnya lepas tuas kopling dari asnya. Nah sekarang ambil bor untuk membuat lubang baru, posisinya sekitar 1,5 cm dari lubang asli (gbr.3). Terakhir lepas dudukan kabel, dengan menggerinda penguncinya (gbr.4).

No caption
No credit
No caption


Tinggal pindahkan deh ke lubang yang baru, kemudian rakit lagi. Kalau mau lebih rapi, sisanya bisa sekalian dipotong (gbr.5). Namun kalau masih ada kemungkinan dikembalikan standar bisa dibiarkan saja. Mau coba? • (otomotifnet.com)



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa