Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pro Kontra Oli Diesel Untuk Motor, Ini Kelebihannya

Dimas Pradopo - Kamis, 30 April 2015 | 12:18 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Penggunaan oli diesel pada sepeda motor memiliki keunggulan sesuai perbedaan mendasar oli diesel dan oli khusus sepeda motor. Perbedaan keduanya ada pada nilai TBN pada oli diesel yang lebih besar .

TBN merupakan kemampuan basa di dalam pelumas untuk menetralisir asam yang disebabkan oleh oksidasi. Oksidasi dalam pelumas terjadi akibat kontaminasi BBM di ruang bakar, yang biasanya akan masuk ke bak oli lewat ring piston dan akibat dari temperatur mesin yang tinggi, biasanya karena lingkungan seperti macet atau beban berat,

Angka TBN oli diesel yang tinggi, yang berupa aditif terutama detergent & dispersant, dibutuhkan di mesin diesel untuk untuk membersihkan jelaga (soot) dan juga menetralisir asam hasil pembakaran. Asam tersebut dihasilkan dari pembakaran solar yang mengandung sulfur tinggi, seperti solar biasa yang mencapai 3.500 ppm.

Efeknya pada mesin diesel asam yang dihasilkan tinggi, makanya butuh TBN tinggi. “Padahal asam itu salah satu yang merusak kualitas oli, dengan TBN tinggi maka jadi lebih tahan lama,” ujar Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto, Lab Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB).

No caption
No credit
No caption

Ternyata ada juga oli yang memang bisa untuk mesin bensin maupun diesel, seperti Castrol Magnatec Profesional dengan standar SN/CF

Atas dasar itulah, pecinta oli diesel menggunakan jenis ini. “Dengan TBN tinggi, kerusakan oli akibat asam bisa lebih lama. Di mesin diesel yang asamnya tinggi saja kuat, apalagi di mesin bensin yang asamnya sedikit karena tak mengandung sulfur, makanya periode penggantian oli diesel bisa lebih lama, saya biasanya tiap 6.000 km,” ujar Arya Bisma, salah satu penggemar oli diesel.

Dengan penggantian lebih lama, maka penghematan bisa dilakukan. Seperti yang diilustrasikan Arya pada Suzuki Inazuma andalannya yang tiap bulan menempuh jarak 3.500-4.000 km. Dengan kapasitas oli 2,5 liter, jika rata rata sebulan 3.000 km berarti Arya harus ganti oli tiap 2 bulan (6.000 km). Dengan menggunakan HDEO (Heavy Duty Engine Oil) seharga Rp 75.000/liter, maka:

1 tahun  =  12 bulan = 6x ganti oli
1 x ganti oli = 2,5 liter = Rp 75.000 x 2,5 = Rp 187.500, berarti dalam setahun keluar biaya Rp 1.125.000 untuk penggunaan hingga 36.000 km.

Sedang jika menggunakan oli rekomendasi dealer yang ganti tiap 2.500 km, dengan harga misal Rp 50.000/liter maka:

36.000 km / 2.500 = 14x ganti oli.
14 x 2,5 liter oli = 35 liter oli x Rp 50.000/liter = Rp 1.750.000.

Hasilnya ada selisih Rp 625.000. Menurutnya biaya yang dihemat itu bisa untuk meng-cover ongkos servis rutin sebanyak 6x dalam setahun. Hal lain yang ingin dicapai dari komunitas penggemar oli diesel menurut Arya adalah go green. “Dengan penggantian oli lebih lama, yang ingin dicapai ikut mengurangi konsumsi sumber energi tak terbarukan dan mengurangi limbah B3,” ujarnya.



Punya kadar TBN tinggi, periode penggantian bisa lebih lama.Harga oli diesel ada yang lebih murah, tapi ada juga yang lebih mahal dari oli motor

Satu lagi sifat oli diesel menurut Rudy, sapaan Rudy Hartono, oli ini dirancang memiliki antioksidan yang tinggi, untuk mencegah oksidasi yang disebabkan oleh panas mesin, karena mesin diesel memiliki tenaga lebih besar dan panas yang dihasilkan di ruang bakar lebih besar dari bensin.

Efeknya ketahanan oli diesel lebih baik, atau terhadap shear. “Shear merupakan kondisi dimana viskositas oli menurun untuk sementara akibat 2 hal, yaitu suhu yang tinggi dan tekanan yang kuat. Makanya untuk jangka panjang mesin tetap halus,” lanjut Arya. (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa