Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Quick Shifter Yamaha YZF-R25, Obat Anti Pegal

Otomotifnet - Rabu, 29 April 2015 | 09:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta
- Angga Kurniawan punya obat penghilang rasa pegal naik motor berkopling manual. “Pasang quick shifter (QS) aja! Selain dipakai balap, juga bisa diaplikasikan ke motor harian,” promo Bos Anjany Racing yang bengkelnya ada di daerah Arteri Kelapa Dua, Jakbar ini. Harga part Dynojet Quickshifter (DQ) ini dibanderol Rp 4,8 juta – Rp 5,8 jutaan, terdiri dari sensor, stick/QSHR-Rod dan modul.

Dengan QS, tuas presneling yang ditekan akan langsung memutus arus pengapian dengan sangat cepat sehingga tak perlu menurunkan gas dan menarik kopling saat pindah gigi. Sebagai contoh, pemasangannya dilakukan di Yamaha YZF-R25.• (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


Tanpa Piggyback

Yang belum pasang piggyback, harus menebus paket lengkap. Cara pasangnya mulai dengan mengganti tuas persneling dengan stick dan sensor. Kedua kabel dari sensor itu disambung ke modul DQ (Gbr.1). Penyambungan dari modul DQ diparalel ke kabel koil. Kabel warna biru dan putih DQ ke koil bagian kanan, sisanya di koil kiri (Gbr.2).

“Satu kabel hitam dari modul disambungkan ke switch tuas kopling. Wiring hitam dan merah ke aki,” jelas Dirjo, kepala mekanik AR, seraya bilang sensitifitas QS gak bisa diseting buat yang belum pasang piggyback.


Dengan Piggyback
Jika sudah pasang piggyback Power Commander V (PCV) hanya menebus stick dan sensornya aja, harganya Rp 2,75 juta. Cara instalasinya, gampang banget. Dua kabel dari sensor DQ di tuas persneling langsung dimasukkan ke pin 4 dan 5 yang ada pin (Gbr.3).

“Kalo sudah pasang PCV bisa di seting pakai laptop. Kinerja komponen itu dimulai dari 3.000 rpm ke atas, di bawah itu enggak bekerja,” tambah Dirjo.Lalu buka aplikasi Power Commander V di laptop (Gbr.4). “Dari situ, bisa seting cepat lambatnya pindahnya gigi.

Di R25 ini kita pakai Kill Mode; Kill Fuel and Ignition. Sedangkan setiap perpindahan gigi dibuat rata, yakni 65.000 mSec. Angka semakin besar semakin cepat pindahnya, begitu juga sebaliknya,” jelasnya

Anjany Racing (AR): 021 53679239


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa