Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Honda PCX 125, Tenaga Disesuaikan Bodi

Otomotifnet - Rabu, 8 April 2015 | 15:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Honda PCX 125 loyo, kurang bergairah saat diajak berakselerasi? Nih ada solusinya agar skutik kamu jadi semangat. Pertama-tama sudah pasti harus meng-upgrade di beberapa bagian terlebih dulu.

"Biar ampuh dan tangguh, part performa seperti blok bore-up kit, koil, busi, puli depan, piggyback dan lainnya. Selain itu, pemasangannya juga enggak ribet alias Plug n Play (PnP), jadi enggak perlu lama-lama nginep di bengkel," terang Mona, Marketing Ultra Speed Racing (USR) di Jl. Panjang, Kedoya, Jakbar. Yuk ah kita bedah satu persatu. (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Blok Kit
Dengan menjejalkan peranti ini, kapasitas mesin skutik premium Honda ini naik jadi 170 cc dari 125 cc, ada selisih 45 cc! Sehingga akselerasi dan power tunggangan akan terasa lebih ngacir. Mereknya SRP seharga Rp 1,8 juta, di antaranya blok bermaterial nikasil dan seher berdiameter 61 mm.

Sayangnya komponen itu tidak bisa dipakai buat Honda PCX 150, karena beda pin piston, PCX 150 berukuran14 mm, sedangkan PCX 125 berukuran 13 mm.


No caption
No credit
No caption

Pengapian
Bahan bakar harus terbakar sempurna yang berefek tenaga lebih maksimal. Sebagai duet maut ini, bisa diaplikasikan koil Ultraspeed dengan busi Iridium. "Energi panas terbakar dengan lebih baik dan pembakaran jadi sempurna," jelas Mona lagi. Soal harga, cukup siapkan dana Rp 400 ribu untuk koil dan busi Rp 100 ribu

Piggyback dan Injector
Piggyback berfungsi memanipulasi data ECU, peranti elektrik label Power Lab tipe MX 200 (Rp 2,8 juta) bisa menambah suplai bahan bakar sekaligus melepas limiter rpm. Pemasangan juga cukup mudah, tapi perlu mapping ulang agar makin yahud.

Kapasitas mesin besar tentu butuh injector yang mumpuni. Sebab, bila suplai bensin kurang, mesin bakal kering yang berujung performa jadi kurang maksimal. Bisa pakai original Honda New CBR 150 (Rp 385 ribu). Kalau Honda PCX 150 enggak perlu ganti injector, cukup pasang piggyback saja.



V-Belt dan Pulley set
Untuk mengantar tenaga ke roda belakang, diteruskan oleh peranti karet yang melingkari di puli depan-belakang atau biasa disebut V-belt. Komponen itu mampu bekerja di kecepatan tinggi yang berlabel Continental dengan harga Rp 170 ribu.

Sedangkan untuk menambah tarikan bawah, merek SRP sudah menyediakan peranti penerus tenaga ke roda belakang, yakni puli depan. Part aftermarket seharga Rp 500 ribu ini bisa digunakan untuk Honda PCX 125 maupun 150. Terdiri, puli depan full set berikut roller dan ukuran berat roller disesuaikan kebutuhan mesin.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa