Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Akselerasi Skutik Tanpa Bore-Up? Bisa!

Otomotifnet - Jumat, 20 Maret 2015 | 10:38 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bikin akselerasi skutik kesayangan ngacir banyak caranya, bro! Tapi, bagaimana bikin tarikan skutik itu makin ngibrit tanpa harus menaikkan kapasitas mesin alias bore-up? “Bisa! Kalau ingin mesin standar ting-ting dan gak menginap lama di bengkel bisa upgrade pada sektor CVT aja!” buka Nopiandi, mekanik Ultra Speed Racing (USR) Jl. Panjang, Jakbar.

No caption
No credit
No caption

Roller bisa diturunkan 2 gram dari standarnya

Cara meningkatkan akselerasi di antaranya dengan ganti roller lebih ringan. Sehingga bukaan awal lebih enteng dan lebih responsif, namun buat kelemahannya pada top speed cepat habis. Biar kinerja roller makin maknyus, jalur atau rumah roller dikerok.

No caption
No credit
No caption

Puli depan bisa papas dinding bos atau derajat kemiringan

Lalu, menggantikan sliding shave alias puli depan. Kemiringan puli depan skutik standar ting-ting biasanya diangka 14 dan 15 derajat. Agar V-belt cepat bergerak, para mekanik banyak yang memapas atau pakai produk aftermarket, yakni 13,5 atau 14 derajat.

No caption
No credit
No caption

Rumah atau jalur roller dibikin landai alias dikerok

“Bisa juga dengan papas 1 mm pada dinding puli depan bagian bawah atau di atas lubang bos. Tujuannya agar posisi belt berada di bawah dan bikin tarikan lebih cepat,” papar Julius Johny Holle, owner bengkel JHM di bilangan Daan Mogot, Jakbar.

No caption
No credit
No caption

Per CVT dan kampas ganda cukup bermain di 1.500 rpm

Mengimbangi tarikan atas tak cepat habis, bagian puli belakang juga dioptimalkan. Bukaan kampas ganda bekerja semakin cepat kalo bidang kampas tersebut lebih panjang. Sehingga kampas ganda langsung menekan atau menempel dimangkok kampas.


Kampas ganda yang lebih panjang bikin tarikan lebih cepat

“Pemasangan komponen tersebut bisa diimbangi dengan per kampas ganda yang 1.500 rpm. Peranti lainnya pada per CVT yang ukuran maksimal 1.500 rpm. Lebih dari itu, tarikan jadi kayak selip alias tertahan,” tutup Opie, sapaan akrab mekanik USR. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa