Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Getaran CVT Vespa LX dan S, Ada Tiga Obatnya Nih Bray!

Otomotifnet - Rabu, 11 Maret 2015 | 11:25 WIB
Usir getaran cvt vespa LX
Dok.OTOMOTIF
Usir getaran cvt vespa LX


Jakarta
- Timbul gejala getar diputaran bawah atau tarikan awal di Piaggio LX dan Vespa S versi Vietnam sudah biasa, baik itu kondisi keadaan mesin dingin maupun panas. Seperti halnya Roy Hendarto, pemilik Vespa LX lansiran 2014.

"Menurut beberapa mekanik yang saya kenal, kualitas bahan kampas dan rumah kopling versi Vietnam kurang bagus. Daya cengkeram kampas kopling dengan rumahnya kurang gigit, makanya timbulnya getaran," bebernya.

Nah, dari beberapa bengkel tadi menawarkan tiga solusi yang mungkin bisa jadi rujukan pemilik LX dan S. Di antaranya, mengganti kampas beserta rumah kopling baru dengan produk aftermarket atau racing, lalu kampas kopling di-custom sekaligus ganti per kopling aftermarket yang lebih keras dan terakhir dengan cara memantek atau mengganti kampas kopling orisinalnya dengan kampas kopling baru.

Usir getaran cvt vespa LX
Dok.OTOMOTIF
Usir getaran cvt vespa LX

Pantek kampas kopling
Solusi terakhir ini paling ekonomis, yakni cukup siapkan dana Rp 350 ribuan. "Kampas kopling orisinalnya dicopot dari dudukannya, kemudian ganti dengan kampas kopling baru versi saya. Saya kasih garansi balik lagi dengan ongkos gratis, kalau buatan saya bermasalah. Tapi sudah banyak yang saya kerjakan dan lebih dari 2 tahun aman-aman saja," promo Singgih.

Usir getaran cvt vespa LX
Dok.OTOMOTIF
Usir getaran cvt vespa LX

Ganti kampas dan rumah kopling aftermarket atau racing
Untuk meredam masalah kurang menggigit di kampas dan rumah kopling bisa pakai part racing. "Bisa pakai keluaran Polini, Zelioni maupun Malossi, dijamin langsung hilang penyakitnya. Ongkos tebus kedua part tersebut Rp 3 sampai 4 jutaan dan lama pengerjaan enggak sampai sejam," jawab Hengky, penggawa Maxia Scooter di Fatmawati, Jaksel.

Usir getaran cvt vespa LX
Dok.OTOMOTIF
Usir getaran cvt vespa LX

Custom kampas kopling standar
Kalau punya dana terbatas, solusi ini enggak ada salahnya dicoba, yaitu meng-custom kampas kopling standarnya. "Caranya, mengganti per kopling bawaan pabrik dengan yang lebih keras. Lalu bagian kampasnya dibikin lebih menggigit dengan cara di beberapa sisi diampelas. Biayanya murah, Rp 400 ribu," imbuh Singgih, penggawang Silamatic di Sunter Agung Utara Blok A, Jakut.• (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa