Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Ritual Perawaran Rutin Vespa 946 3V Ie

Otomotifnet - Kamis, 26 Februari 2015 | 10:40 WIB
No caption
No credit
No caption



No caption
No credit
No caption

Koneksi PADS dari ECU dan adaptor konektor ke laptop tidak harus dihubungkan dengan kabel, tapi bisa menggunakan Bluetooth

Jakarta - Melakukan servis rutin atau periodic service justru menjaga kualitas jeroan mesin dan performa. Semakin rutin Anda melakukan servis, semakin terawat pula komponen mesin. Jadi, salah besar kalau beranggapan jarang pakai bisa lebih awet.

Terutama pemilik Vespa 946 3V Ie, kebanyakan Vespa ini lebih sering nongkrong di garasi karena takut lecet atau takut kilometernya banyak. "Justru malah bikin oli jadi sering ngendap di dasar, oli juga ada basinya, bahaya buat mesin," bilang Bambang, dari bengkel Beng's Motor, di Maruya, Jakbar.

No caption
No credit
No caption

Bila jarak tempuh sudah mencapai 10 ribu dan 20 ribu, belt akan mengalami getas, diharuskan mengganti suku cadangnya


Menurut buku servis berkala Vespa 946, pengecekan dan pergantian suku cadang fast moving di setiap kelipatan 5.000 km. Pengecekan dan pergantian meliputi oli mesin, oli girbok, busi dan seputaran dalaman CVT.

No caption
No credit
No caption

Untuk mesin ada dua pilihan oli. Synthetic dan fully synthetic. Sedangkan girbok Agip Rotra.
"Lebih baik oli ini yang dipakai, sesuai karakter mesin 946," terangnya.


Namun ada juga yang memakai alat khusus pengecekan buat Vespa modern ini. Alatnya bernama PADS, yaitu Piaggio Advanced Diagnostic System. "Bila ada kerusakan bisa langsung dideteksi dan diberikan solusinya. PADS juga terkoneksi dengan Piaggio di Italia.


Rumah roller cukup dibersihkan setiap kilometer 10 ribu dan 20 ribu, sedangkan rollernya baru ganti tergantung dari kondisi rollernya

Jadi kalau ada masalah yang sulit bisa langsung konsultasi," bilang Asep Sutisna, kepala bengkel resmi Piaggio, Premier International di Kebayoran Lama, Sukabumi Selatan, Jakbar.  • (otomotifnet.com)

DAFTAR HARGA
Belt : Rp 275 ribu
Roller : Rp 174 ribu
Busi : Rp 77 ribu
Oli Agip 5w-40 synthetic : Rp 71 ribu
Oli Agip 5w-40 full synthetic : Rp 150 ribu
Oli girbok : Rp 17.500
Jasa : Rp 125 ribu

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa