Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Airbrush, Cutting Sticker dan Decal, Ada Kelebihan dan Kekurangan

Otomotifnet - Selasa, 3 Februari 2015 | 10:38 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Mengubah tampilan motor bisa dengan mengganti atau mempercantik warna motor. Misal memakai teknik airbrush, cutting sticker atau decal. Selain itu, buat menggarapnya juga berbeda, ada yang plug n play (PnP) atau perlu diinapkan sampai berhari-hari. Begitu juga harga yang ditawarkan, kalo yang instan terbilang murah, sedangkan yang rawat inap cukup mahal.

Semua penerapan di atas tentu punya kelebihan, namun tak luput juga dari kekurangannya. Nah, lebih jelasnya, simak teknik mengubah penampilan berikut, sebagai contoh Yamaha YZF-R25 atau motor sport jenis full fairing. Monggo! • (otomotifnet.com)

AIRBRUSH
Cat tersebut bisa mencakup hingga ke bagian yang kecil atau sempit. Pilihan warna bisa dikombinasikan alias oplos atau gradasi. Proses garapan tergantung dari motif yang diterapkan, polos, grafis atau realis dengan ketahanan cat 3 sampai 5 tahun.
No caption
No credit
No caption
 
Airbrush harga tergantung konsepnya dan perawatannya cukup mudah serta tahan sampai 5 tahun lebih

"Range harga cat motif grafis, dan tribal mulai Rp 3,5 jutaan dengan proses 7 hari. Full realis Rp 4 juta sampai puluhan juta, itu tergantung tingkat kesulitan gambar. Sedang menggarapnya sekitar 1-2 bulanan,” papar Donny Alfariza, owner Don’z Autobodywork (DA) daerah Bekasi Timur, Jabar.

Untuk perawatannya, terbilang mudah alias gak perlu bingung jika terkena air hujan, yakni cukup disiram atau bilas. Nah, kekurangan yang ingin besutan kesayangannya di-airbrush harus diinapkan sesuai desain atau temanya.
  

CUTTING STIKER
Memiliki kelebihan yaitu tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar. Karena warna tersebut bukan terbuat dari tinta alias sudah dari pabrik. Materialnya beragam, seperti scotchlite atau fosfor yang bisa menyala dikegelapan. Harga mulai Rp 1 juta sampai Rp 3 juta tergantung desain atau tingkat kesulitannya.
No caption
No credit
No caption

Mereknya ada 3M, Scohlite, Oracal dan sebagainya. Caranya dengan memotong stiker tersebut sesuai desain, setelah itu baru diaplikasikan ke bodi.

“Sebelum pasang, baiknya konsultasi dulu, biar gak menunggu lama dari proses desain sampai pasang. Karena aplikasinya butuh waktu sekitar 6-8 jam,” ujar Wandi, pemilik Grapich Factory, di Kosambi, Jakbar.

No caption
No credit
No caption

Perhatikan pada bagian cutting stiker yang lancip, karena mudah terangkat atau terkelupas

Perlu diperhatikan saat mengelap pada ujung cutting stiker, mudah terangkat, malah bisa terkelupas atau lepas. Jadi, cara mengelapnya dari bidang yang besar ke yang kecil.

Bila ada stiker yang melendung atau menggembung cukup ditusuk jarum dan keluarkan angin tersebut perlahan. Pilihan warna solid cukup terbatas dan agak susah untuk mendapatkan warna gradasi.
   
DECAL
Biasa disebut juga digital printing, karena proses pembuatannya melalui komputer. Komponen ini terbilang mudah dalam pemasangan, hanya 2 jam selesai, bro!

Pasalnya desain sudah jadi atau bisa juga dari berbagai model gambar yang diinginkannya. Seperti yang ditawarkan oleh Sumantri dari Chip Motor (CM) buat R25 model Monster dan Movistar MotoGP berlabel Decal Studio.

No caption
No credit
No caption

Decal yang bercorak MotoGP, Monster atau Movistar dengan harga terjangkau dan instan
Harga peranti PnP ini terjangkau bagi pengguna yang berkantong tipis, Rp 500 ribu plus pasang. Aplikasinya juga cepat dan mudah, yang sebelumnya dengan mengoles sedikit air pada bodi. “Tujuannya biar gampang digeser-geser,” paparnya yang buka toko di Pos Pengumbenm, Jakbar.

Meski bahannya dari 3M dan disudah dilaminasi, bodi boleh dipoles, lho! Namun, perlu diperhatikan saat parkir dan jangan berada di bawah sinar matahari. Itu membuat warna mudah pudar, karena daya tahannya hanya 1-3 tahun. Amannya, harus cari tempat yang teduh atau beratap.


“Perawatannya sama kayak cutting stiker, cukup dibersihkan pake kain dan air bersih serta perhatikan saat mengelap di bagian ujungnya,” tambah Wandi, yang menerima digital printing dari harga Rp 1,5 juta sampai Rp 3,5 juta atau tergantung desain. 

Kontak:
Don’z Autobodywork (DA) : 0811-1097778
Grapich Factory (GF) : 0818-06355799
Chip Motor (CM) : 0812-12783245




Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa