Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Noken As Custom Yamaha Scorpio Z, Dari 3 Bengkel Berbeda!

Otomotifnet - Senin, 2 Februari 2015 | 15:01 WIB
Noken as Yamaha Scorpio
Dok. Otomotifnet
Noken as Yamaha Scorpio

Jakarta - Mau dongkrak performa Yamaha Scorpio Z? Weits tunggu dulu, agak susah bro. Kecuali knalpot aftermarket lokal, part performa motor berkapasitas mesin 225 cc itu minim di pasaran. Tapi enggak usah terlalu khawatir.

Ada beberapa bengkel si Pio (sebutan Scorpio, red) yang siap membantu konsumennya buat upgrade performa dan khususnya bagi yang hendak pasang noken as racing.

“Bahan dasarnya tentu dari noken as standar kemudian dimodifikasi sesuai dengan peruntukannya,” kata Arya Jatmika, mekanik dari EAAA MotorShop. Inilah pilihan noken as custom dari tiga bengkel modifikasi.

Noken as Yamaha Scorpio
Dok. Otomotifnet
Noken as Yamaha Scorpio
Noken as standars Pio mesti dikorbankan untuk dimodifikasi

EAAA Motorshop : 085711373340
Noken as bawaan motor dimodifikasi oleh Arya dengan spesifikasi angkatan in dan ex sama-sama 9,25 mm. Dengan noken as garapan Arya, karburator standar Pio wajib dijetting ulang pilot jet jadi 17,5 dan main jet 115.

“Mesin bisa jebol kalau karburatornya enggak jetting ulang,” jelas mekanik kawakan ini. Soal harga garap noken asnya berkisar Rp 350 ribu dan butuh waktu sekitar 2 hari.

“Tergantung dari tukang bubutnya. Kalau lagi sepi order, bisa lebih cepat dari waktu yang diperkirakan,” papar Arya.

Noken as Yamaha Scorpio
Dok. Otomotifnet
Noken as Yamaha Scorpio

Seperti EAAA Motorshop, memodifikasi noken as dengan angkatan in dan ex 9,25 mm

Abbys Performance Tuning : 0817202904
Kalau disekitaran Bandung, bengkel milik Adhie Wrain juga biasa garap kem standar Pio. Hasilnya tentu bisa bikin performa mesin terdongkrak.

“Enggak hanya buat Pio harian saja. Bagi yang hendak pakai tunggangannya balap fun race, kita juga bisa siapkan settingan buat mesinnya,” ungkap Adhie.

Tanpa bermaksud sombong atau pelit ilmu, Adhie memilih untuk merahasiakan ubahan yang dilakukan pada noken as standar. Tapi yang bisa dipastikan, bahwa lama pengerjaannya 2 hari dan kasih patokan ongkos Rp 350 ribu.



Noken as Yamaha Scorpio
Dok. Otomotifnet
Noken as Yamaha Scorpio

Bengkel kasih anjuran jetting karburator standar, setelah ganti noken as modifikasi

Threestar Motorsports : 085768887906
Kepala mekanik di Threestar Motorsport yang ada di Jl. Joglo, Jakbar juga diajak rembukan soal upgrade performa Pio. Johan menyarankan langkah awal untuk upgrade performa dengan modifikasi noken as.

“Bahan dasarnya tentu dari noken as standar Pio. Setelah noken as, settingan lanjutan menuju ke setting kerenggangan klep dan baru urusan suplai bahan bakar,” paparnya.

Noken as Yamaha Scorpio
Dok. Otomotifnet
Noken as Yamaha Scorpio

Knalpot juga ikutan menyesuaikan, bisa standarnya dibobok atau juga pakai knalpot aftermarket

Sayangnya Johan enggan untuk buka-bukaan seputar modifikasi noken as Pio. Tapi yang jelas, siapkan saja dana Rp 300 ribu buat modifikasi kem dan sabar menunggu 1-2 hari kerja.  • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa