Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Throttle Body Yamaha X-Ride dan Soul GT, Bisa Pakai Punya GT125

Dimas Pradopo - Rabu, 21 Januari 2015 | 12:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Upgrade mesin Yamaha X-Ride atau Soul GT memang menyenangkan, selain power lebih besar juga banyak parts substitusinya. Setelah diketahui bahwa injektornya bisa pakai bawaan Yamaha New V-Ixion Lightning (NVL), bagaimana dengan throttle body (TB)?

No caption
No credit
No caption

TB X-Ride yang berdiameter 24 mm (kiri) dan bawaan Soul GT yang 28 mm

Membengkakkan kapasitas hingga 150-160 cc dengan menggunakan piston 58 mm selain butuh supply bahan bakar lebih dengan menggunakan Injektor NVL, juga mesin membutuhkan supply udara segar yang banyak. Sementara TB milik X-Ride atau Mio J Series hanya dibekali dengan diameter 24 mm. Jadi terlalu kecil ketika kapasitas mesin sudah membesar.

No caption
No credit
No caption

Sensor jangan sampai terkena kontak langsung dengan tangan, bisa ngadat

Untuk meng-upgrade bagian TB, ternyata bisa menggunakan milik sepupunya yang berkapasitas 125 cc, yaitu Xeon RC atau GT125 yang memiliki diameter yang lebih besar (28 mm). Secara keseluruhan perangkat yang ada sama.

“Seperti soket dan sistem YM-JET FI antara keduanya serupa. Nah soket antara milik GT125 dan X-Ride maupun Mio J sama” ungkap Relies, mekanik Pro Tuner di Jl. Palapa IIIA, Sidakarya. Denpasar, Bali.


No caption
No credit
No caption

Karet intake manifold bawaan X-Ride cukup dibesarkan sesuai dengan ukuran TB Soul GT4

Tanpa masalah? Ternyata memasang TB berdiameter lebih besar ke X-Ride ada yang butuh perhatian. Pada bagian karet join bawaan X-Ride lebih kecil dibandingkan GT125.

Agar bisa terpasang, karet intake manifold X-Ride musti dilebarkan. Caranya, gunakan bor tuner sampai ketemu dengan ukuran yang sesuai dengan TB 28 mm.



Karet join TB yang ke filter udara, wajib dilakukan penggantian ukuran yang lebih gede

Penyesuaian bukan hanya pada karet intake manifold, karet penghubung antara TB dengan boks filter juga wajib diganti dengan yang lebih besar. Biasanya diakalin pakai karet custom seperti radiator mobil atau karet pelindung debu sok depan.
 
“Oh ya, selama periode bongkar pasang, usahakan gunakan selalu sarung tangan. Karena di moncong TB Matic Yamaha terdapat sensor yang rawan mati jika bersentuhan langsung dengan tangan” wanti pria berkulit gelap ini. Selamat Mencoba. • (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa