Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Rumah Lampu Sein, Biar Cahaya Lebih Merata

Dimas Pradopo - Selasa, 13 Januari 2015 | 11:21 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Keluarkan bohlam sein dan stop lamp dari dudukan berikut soketnya. Setelah itu, lepas semua baut yang mengikat rumah lampu

Jakarta - Rumah lampu sein kotor dapat membuat berkendara jadi tidak aman alias gak safety. Karena sinar lampu jadi redup sehingga sangat berbahaya, bro! Terutama pengendara belakang atau samping bakal tidak jelas melihat ‘tanda’ dari kita.

Nah, makanya biker yang kurang memperhatikan kondisi rumah lampu sein sebaiknya sekarang dirawat. Karena kotoran atau debu yang menempel di dalamnya bisa membuat sebaran cahaya enggak merata. Kok bisa masuk, ya?


No caption
No credit
No caption

Kalau sudah, masak air hingga panas dan campurkan air tersebut dengan sabun cair

“Bisa saja, seperti mika lampu yang enggak rapat itu membuat debu atau kotoran masuk ke dalam rumah lampu. Baiknya segera dibersihkan biar lapisan krom di reflektor enggak mudah terkelupas,” papar Untung, mekanik Saerah Motor (SM).

Tujuan membersihkan peranti itu agar pantulan cahaya sein tetap menyebar, sehingga mudah dilihat oleh pengendara lain saat memberi sinyal lampu. Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri.

Seperti air panas, sabun cair, kain halus, sikat gigi bekas dan lap chamois. Sudah? Sebagai praktiknya dilakukan ke Honda Supra X keluaran 2007 milik mekanik SM yang berlokasi di Jl. Radio Dalam Raya, Jaksel. Biar tetap safety, langkah ini bisa dikerjakan setiap 2 bulan sekali. Yuk, bersihkan! • (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption

Trus, “Masukkan air sabun itu ke reflektor dan goyangkan. Tujuannya untuk mengangkat kotoran atau debu yang menempel di reflektor,” ujar Untung sambil memperagakan

No caption
No credit
No caption

Jika sudah, lepas mika lampu dengan obeng kembang dan gunakan sikat gigi bekas buat membersihkan celah-celah atau pinggir mika lampu. Lalu basuh dengan air bersih


Setelah semua debu dan kotoran hilang, keringkan dengan lap chamois atau disemprot angin kompres. Beres!

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa