Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengecekan Tekanan Angin Ban Skutik 10 dan 12 Inci, Yuk Disimak!

Dimas Pradopo - Sabtu, 10 Januari 2015 | 12:12 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Menjaga tekanan angin jadi langkah wajib buat rider. Jangan sampai gara-gara urusan kecil malah bisa jadi berabe. Kurang angin akan berefek ke profil ban yang tak lagi bulat dan dinding ban jadi gampang retak.

"Bisa dirasakan waktu berbelok, motor seakan limbung. Ini juga menyebabkan usia ban jadi enggak awet. Pelek pun mudah penyok atau peyang lantaran sering menghantam lubang," terang Bambang dari bengkel Benks Motor.

No caption
No credit
No caption

Max Load 385 Lbs AT 32 psi Cold. Artinya, ban itu mampu menahan beban sampai 385 Lbs atau sekitar 175 Kg (1 Lbs = 450 gr) pada tekanan angin 32 Psi dengan kondisi ban tidak dipakai

Sekedar info, bagian yang paling lemah di ban ada pada sidewall. Bila anginnya kurang, bisa mengakibatkan defleksi berlebih. Benang di dinding ban bisa putus, efeknya ban benjol dan kekuatan karet bundar akan turun drastis.

Kira-kira bagaimana urusan tekanan udara dalam ban skutik seperti Vespa LX atau Vespa Sprint, apa sama dengan skutik yang menggunakan ban 14 inci? Kita ketahui bersama, bahwa Vespa LX menggunakan ban 10 inci, sedangkan pada Vespa Sprint ukuran 12 inci.

No caption
No credit
No caption

Kawat akan cepat terlihat bila tidak mengikuti anjuran

Baik Vespa LX ataupun Vespa Sprint untuk mencari tekanan ban yang pas, tinggal tengok tulisan yang ada di dinding ban. "Toleransi tekanan angin ban skutik tidak boleh melebihi batas angin yang diharuskan pada ban. Kurang 2 psi lebih bagus, agar bantingan skutik enggak terlalu keras," jawabnya.

Kurang angin menyebabkan ban tidak awet

Contoh, 2 psi sampai 3 psi dari standarnya 32 psi. Artinya, ambang batas minim 29 psi dan maksimal 30 psi. itulah sebabnya, kenapa kita harus menjaga tekanan angin. • (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa