Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kerak Menumpuk di Ruang Bakar Juga Penyebab Boros BBM!

Dimas Pradopo - Sabtu, 6 Desember 2014 | 09:21 WIB
No caption
No credit
No caption


Otomotifnet.com - Ruang bakar adalah bagian terpenting dari sebuah kendaraan bermotor pasalnya sumber tenaga mesin diperoleh dari proses pembakaran. Otomatis semua kendaraan yang berbahan bakar bensin harus melalui proses pembakaran, dengan demikian konsumsi BBM sangat dipengaruhi oleh kinerja ruang bakar .

Oleh karena itu ruang bakar harus dirawat secara berkala agar pembakaran selalu optimal dan imbasnya pemakaian bensin menjadi lebih hemat. Sejalan dengan engine hour akan timbul residu karbon yang menumpuk di ruang bakar mesin.

Kerak di ruang bakar mesin bikin boros
Dok. OTOMOTIF
Kerak di ruang bakar mesin bikin boros

Jika tak dibersihkan akan timbul kerak karbon yang mengganggu proses pembakaran dalam ruang bakar dari sebuah mesin. Efeknya timbul detonasi, mesin cepat panas maupun tenaga mesin ngedrop yang berefek pada pemborosan BBM.
Kerak di ruang bakar mesin bikin boros
Dok. OTOMOTIF
Kerak di ruang bakar mesin bikin boros

Perhatikan juga busi maupun filter udara, ganti pada waktunya menurut buku pedoman servis berkala dari tiap-tiap merek motor. "Pada umumnya jika kita mematuhi buku pedoman servis yang ada, kinerja mesin akan selalu optimal dan hemat bahan bakar “, ujar Samuel,  kepala bengkel Honda AHASS Ramayana di Meruya, Jakbar. •(otomotifnet.com)

1. Ruang bakar yang sempurna adalah perpaduan bahan bakar, udara dan pengapian,
2. Kerak yang berpotensi besar mengganggu kinerja ruang bakar, harus segera diberantas
3. Busi yang masih layak memercikan api biru saat dites , sedangkan saat percikan api berwarna merah saat dites menandakan sudah waktunya diganti
4. Servis rutin berkala menjaga ruang bakar dan komponen-komponen penunjangnya berkerja secara optimal.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa