Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kawasaki Ninja 250 FI Pasang Rumah Kopling 6 Per, Berasa di Awal

Dimas Pradopo - Rabu, 15 Oktober 2014 | 15:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Peranti merek SYS asal Malaysia ini dilego Rp 1,150 juta. Isi paketnya; rumah kopling 6 per, pelat penekan kopling 6 per dan enam pcs per kopling. Memang enggak berpengaruh terhadap performa, tapi entakan awal lebih cepat dan responsif

Jakarta - Pengin entakan awal Kawasaki Ninja 250R FI, N250FI maupun Z250 kesayangan tambah enteng dan cepat, emang banyak caranya, bro. Salah satunya yang lagi digandrungi motormania adalah pasang rumah kopling (RK) kaki 6 merek SYS seperti yang dilakukan Emen pada N250R tunggangannya.

“Efek yang gue rasain sih, akselerasinya terasa lebih cepat dan makin responsif. Meski enggak berpengaruh pada performa, namun sudah terasa lebih enteng,” aku anggota NOC (Ninja Owner Club).

Bisa begitu, karena peranti ini dirancang dengan spesifikasi khusus. “Karena terdiri dari 6 per, tekanan kampas kopling lebih rata dan menggigit. Dampaknya, gak gampang selip dan proses transfer tenaga lebih cepat,” jelas Yudi, marketing manager PT Global Jaya Autopart (GJA), pengagen peranti asal Malaysia ini.

Nah, benarkah faktanya begitu? Demi mengobati rasa penasaran seberapa besar pengaruh setelah aplikasi peranti ini, kami pun melakukan pengetesan pakai Racelogic.

Ditunggangi tester berbobot 173 kg, diperoleh data akselerasi dari berhenti hingga mencapai kecepatan 60 km/jam 3,3 detik. Sedangkan kondisi standar 3,5 detik (lihat data akselerasi).

Namun setelah mencapai kecepatan di atas 60 km/jam, waktu yang ditempuh sebelum maupun sesudah pasang alat, relatif sama. Hal ini menandakan pada putaran bawahnya lebih cepat 0,2 detik. Meski angkanya kecil, tapi di ajang balap maupun drag bike cukup bermanfaat.

Penasaran bagaimana cara pasang peranti berbahan aluminium grid B (setara bahan material part orisinal) yang dibanderol Rp 1,150 juta ini? Proses bongkar pasangnya cukup mudah dan cepat, yakni sekitar 1 jam. Yuk, praktik!

No caption
No credit
No caption

Lepas bak kopling (mesin sisi kanan) beserta peranti pendukungnya dari dudukannya. Dilanjutkan lepas pelat penekan kopling orisinalnya dengan melepas 4 baut per kopling menggunakan kunci T-10.

No caption
No credit
No caption

Tanggalkan kampas kopling dari rumah kopling. Diteruskan lepas rumah kopling orisinalnya (4 per) dengan cara melepas baut pengikatnya menggunakan kunci sok ukuran 19 mm


No caption
No credit
No caption

Kalau rumah kopling orisinal (4 per) sudah copot, tinggal ganti dengan rumah kopling baru 6 per beserta kampas koplingnya, kebalikan saat membongkar. Selanjutnya pasang pelat penekan kopling baru (kaki 6). “Yang perlu diperhatikan adalah tanda bulat pada pelat penekan kopling baru harus sejajar dengan tanda panah pada rumah kopling baru. Tujuannya biar duduk manis dan ngeplak,” wanti Yudi.


Terakhir tinggal pasang 6 per kopling yang dikencangkan pakai kunci T-10. Lalu tinggal pasang bak kopling kebalikan saat membongkarnya. Rapikan semua peranti kopling yang sudah terbongkar seperti semula.

Data akselerasi (Racelogic)

Kecepatan Standar

0-60 km/jam 3,5 detik
0-80 km/jam 5,4 detik
0-100 km/jam 7,9 detik
0-100 meter 6,9 detik
0-201 meter 10,3 detik

Kopling 6 per
0-60 km/jam 3,3 detik
0-80 km/jam 5,4 detik
0-100 km/jam 7,9 detik
0-100 meter 6,8 detik
0-201 meter 0,3 detik

Global Jaya Autopart : 021-42885611

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa