Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Fungsi Behel Motor, Ternyata Penting Bro!

Dimas Pradopo - Sabtu, 20 September 2014 | 11:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Behel motor, part yang terlihat sederhana. Tapi di balik itu, sebenarnya punya fungsi cukup penting. Sayangnya, tak banyak motormania yang paham sama manfaatnya. Ujung-ujungnya, malah dilepas atau diabaikan sama perawatannya. Ssst… biar makin paham, mendingan pelajari fungsi ganda behel di motor.

Umumnya, pada semua jenis motor dari berbagai pabrikan, mau keluaran tahun berapa saja, pasti dilengkapi komponen berbahan dasar besi dan juga nylon ini. Maklum, selain sebagai pemanis tampilan, behel juga mendukung kenyamanan saat berkendara.

Contoh simpel, peranti ini buat melindungi rumah stoplamp dari kontak langsung dengan barang bawaan yang melebihi kapasitas atau malah bokong pemboceng yang ‘overlap’. Maksudnya, pembonceng yang memang overweight. Sehingga tidak merusak rumah lampu belakang.

No caption
No credit
No caption

1. Behel menjadi penahan tumpuan beban boncenger. Dengan berpegangan pada behel, posisi riding saat berboncengan tetap stabil

No caption
No credit
No caption

2. Tidak hanya saat riding, dengan bertumpu pada pegangan yang kokoh, posisi behel memudahkan saat rider parkir pakai standar tengah

No caption
No credit
No caption

3. Dudukan behel ditopang dengan 4 buah baut, masing-masing 2 buah disebelah kiri dan 2 disebelah kanan. lebih kokoh dan aman.jangan lupa dicek dan dibersihkan kalau kotor ya bro, untuk menghindari korosi.


4. Desain behel mengikuti jenis motor. Varian behel di motor sport didesain lebih sporti. Tetap menarik dan fungsional.


Selain itu, behel motor mampu menjadi penyeimbang atau stabilisator saat riding berboncengan. “Part ini jadi tumpuan boncenger baik saat bermanuver maupun saat pengereman,” jelas Saptono, Head Instructure of Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati, main dealer Honda di Jatake Tangerang.

Masih menurut pria ramah ini, “Dengan berpegangan pada behel, boncenger mampu menahan bebannya sendiri. Jadi, posisi riding tetap stabil karena beban pada boncenger tidak bertumpu pada rider.”

Selain itu, behel juga bermanfaat saat rider akan memarkir besutan dengan standar tengah. Komponen ini bisa sebagai pegangan untuk membantu mengangkat bodi motor, dengan cara menarik bagian pinggir besi behel. Jleggg… motor pun terparkir sempurna.

Gimana, sudah cukup paham sama fungsi behel? Makanya, jangan asal copot aja bro. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa