Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Tutup Tangki Custom, Bisa Disesuaikan Dengan Tema Modifikasi

Dimas Pradopo - Rabu, 10 September 2014 | 13:22 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Jakarta - Ngomongin soal aliran custom seperti, café racer, street tracker, dan lainnya, tentu enggak jauh dari sentuhan part aksesori. Meski aliran modif itu punya rules, dari yang simple sampai ekstrem. Tapi, pernak-pernik juga dibutuhkan guna menambah penampilan besutan kesayangan.

No caption
No credit
No caption

Sesuai konsep ala old skul, tangki di balut ala gesper plus tutup tangki model jerigen

Namun, aksesori tren ala Japstyle model custom lainnya, enggak terlalu banyak yang menjualnya. Tetapi bukan berarti enggak ada! Sebagai pemanis tunggangan, para builder juga ada yang membuat komponen penunjang tampilan itu. Salah satunya, pada tutup tangki di motor custom.

No caption
No credit
No caption

Dengan grafir lubang lubang bisa diaplikasikan ke semua aliran, seperti japstyle


Pasalnya, setiap besutan sudah tidak lagi pakai part asli pabrikan. “Karena menyesuaikan konsep yang diterapkan dan tutup bahan bakar orisinal berganti model,” ungkap Andi ‘Atenk’ Akbar, builder The Katros Motorcycles (TKM), daerah Kebayoran Lama, Jaksel.

No caption
No credit
No caption

Model ala mahkota raja bikin tampilan lebih keren


Tunggangan yang sudah di modifikasi menggunakan tangki bermaterial pelat galvanis. Dengan itu, builder bikin penutup tersebut dari bahan aluminium. Desain komponen custom itu enggak begitu banyak sebutannya. Jadi, tergantung pesan dari pemilik besutannya.

No caption
No credit
No caption

Desain tutup tangki polos cocok dengan konsep café racer minimalis

Untuk model yang ada di bengkel TKM cukup berfariasi, dari berdesain polos, grafir bulat-bulat kecil sampai model mahkota raja. Sedangkan harga yang ditawarkan tergantung desain atau model tutup tangki tersebut.

No caption
No credit
No caption

Ada juga tutup tangki model tombol, lalu diputar untuk membukanya


“Buat yang sudah jadi itu harganya Rp 150 ribu dan sudah termasuk dengan drat tutup tangki. Kalo desain sendiri harga tergantung tingkat kerumitan dari desain tutup tangki tersebut. Untuk prosesnya bisa diselesaikan sekitar satu minggu,” tambah mantan freestyler ini.

No caption
No credit
No caption

Biar gampang membuka tutup tangki dipinggiran ada geriginya

Seperti tutup tangki model polos itu enggak sepenuhnya polos. Tapi di sisi samping terdapat grafiran atau semacam gerigi agar mudah membuka part di tangki. Lalu, ada juga model desain ala biksu alias terdapat bulatan kecil dibagian atasnya.


-Tutup tangki Honda CB juga ada yang mengaplikasikan
-Ulir atau drat tutup tangki berbahan besi ini disatukan sama penampung bahan bakar


“Untuk pemasangan ditangki custom itu juga sudah diberikan drat atau ulir buat menutupnya. Jadi, ulir itu di las langsung berikut tangki yang akan digunakan,” jelas Donny ‘Batak’ Permana, builder Hantu Laut di Jl. H. Nawi, Gg. H. Jeani, Jaksel.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa