Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Cakram Depan Ganda di Yamaha R25, Lebih Gaya!

Dimas Pradopo - Selasa, 16 September 2014 | 16:56 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

YZF-R25 kurang gaya dan sporti kalau sistem rem depannya masih mengandalkan satu cakram.

Tangerang - Dari segi fungsi, sistem pengereman roda depan Yamaha YZF-R25 memang enggak ada masalah. Namun bagi Rudy Gunawan, empunya Berkat Motor (BM) peranti tersebut kurang mumpuni kalau dibiarkan standar pabrik. Apalagi kalo sudah dimodifikasi makin kekar. Alhasil pengereman depannya dibikin dobel cakram.

“Secara garis besar YZF-R25 berkiblat pada saudaranya, yakni Yamaha YZF-R1. Nah menurut saya, kurang gaya dan sporti kalau pengereman depannya masih mengandalkan satu cakram. Maka dari itu, enggak lama tunggangan ini datang dari dealer, langsung saya bikinkan dobel cakram,” tutur modifikator pengala-man lebih dari 10 tahun.

Sedangkan soal pengerjaan, Rudy bilang butuh waktu sekitar 1 minggu dengan total biaya Rp 5,5 juta sudah termasuk dua cakram aftermarket. “Ini enggak hanya untuk menambah gaya, tapi juga fungsi dan bikin pengereman depan tambah pakem. Nah kalo kerja sistem pengereman optimal otomatis tambah safety,” kekeh pria yang didampingi 3 personil.

Nah peranti apa saja yang yang dibutuhkan serta bagian mana saja yang dikerjakan untuk dongkrak tampilan sekaligus pengereman tunggangan ini? Yuk, kita mampir ke BM yang, ngepos di Jl. Ciledug Raya Kreo, Tangerang.


No caption
No credit
No caption

Adaptor Cakram
Biar cakram baru nantinya bisa duduk manis pada pelek orisinal YZF-R25, sebelumnya pelek tersebut di-custom. Tepatnya bikin adaptor atau dudukan cakram baru. Sebelumnya diseting sedemikian rupa, biar pas dan ngeplak.

No caption
No credit
No caption

Cakram
Berhubung belum banyak cakram aftermarket yang beredar untuk tunggangan garputala ini, Rudy mencari versi aftermarket dengan lubang baut yang sama-sama 5 lubang. “Modelnya memang beda, namun yang penting lubang baut dan posisinya sama persis,” kekehnya

No caption
No credit
No caption

Kaliper
Urusan kaliper, Rudy aplikasi produk yang beredar di pasaran. Nah yang harus diperhatikan adalah yang dua piston biar seragam dengan kaliper orisinal YZF-R25.

“Oh ya, biar kaliper ini duduk manis pada tabung sok kiri yang sudah di-custom, sebelumnya dibikinkan braket berbahan besi pelat,” imbuh pria ramah

Tabung Sok
Bawaan pabrik posisi cakram orisinalnya berada di sebelah kanan. Biar bisa dobel cakram, tabung sok sisi kiri dilepas, kemudian dibikinkan dudukan pegangan kaliper baru (custom). (motor.otomotifnet.com) 

Berkat Motor: 021-93517093

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa