Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Motor Lebih Dingin, Bisa Pasang Radiator Mobil

Dimas Pradopo - Senin, 1 September 2014 | 13:22 WIB
No caption
No credit
No caption


Solo - Radiator mobil seperti milik Suzuki Carry, Daihatsu Espass ternyata bisa diaplikasi di motor. Bukti langsung pada tunggangan milik Dipta dan Budi. Keduanya biasa riding dengan Yamaha V-Ixion. Namun yang tampak berbeda, yaitu komponen yang sumbang mesin adem.

Budi yang masih kuliah itu tampak menanam radiator Daihatsu Espass. Komponen itu terlihat sampai menutup mesin Vixinya. Pasalnya radiator tersebut digunakan utuh tanpa dimodifkasi. Paling yang tampak termodifikasi adalah corong untuk gelontorkan air radiator.

Dipta mengaku menggunakan radiator Suzuki Carry. Namun dimodifikasi. “Bagian bawah saya potong dan saya sesuaikan besarnya dengan kondisi di mesin. Supaya terlihat sip,” bangganya.

Menurut keduanya, aplikasi komponen radiator mobil diklaim punya kelebihan. “Menyumbang sirkulasi pendinginan mesin lebih bagus. Soalnya radiator mobil tak hanya terdiri dari 1 sap (1 ply). Bagian dalam terisi sampai 3 sap. Maka adem. Bahkan bila kipas radiatornya off mesin tetap adem,” yakin Dipta lagi.

Soal pasangnya, selain perlu merancang dudukan ulang radiator tersebut, perlu pula merancang dudukan slang radiator supaya terkoneksi antara radiator dan mesin.

Lantas berapa biaya bikin begitu ya. “Enggak sampai Rp 1 juta. Saya hanya habis biaya sekitar Rp 900 ribu. Itu sudah termasuk radiator dan pasang,” tutup Dipta, diamini Budi. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa