Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Rem Minerva RX150, Pakem Tanpa Masalah

Dimas Pradopo - Jumat, 29 Agustus 2014 | 13:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Ketika melakukan test ride Minerva RX150, Mr. Testo merasakan rem belakang yang mengerem sendiri ketika suhu rem sudah panas. Kejadian ini sempat terjadi beberapa kali dan harus menunggu sampai suhu turun atau dengan cara membuang minyak remnya sedikit agar rem kembali normal. Entah hal ini hanya dialami pada unit yang kami tes atau tidak.

Menurut Iman Surjito dari bengkel Minerva Depok, kejadian rem yang mengunci pernah terjadi juga di Minerva tipe lain. “Penyebabnya, karena adanya tumpukan kerak di karet sil master rem. Ketika rem panas maka sil karet akan memuai, ruang gerak piston mengecil dan akhirnya piston enggak bisa balik lagi,” terang pebengkel beralamat di Jl. Siliwangi, Depok ini.

Masak sih, motor baru sudah berkerak? “Oh, bisa saja. Kemungkinan karena master rem sudah tersimpan lama di gudang sebelum dirakit dan terpasang ke motor,” kata Surjito lagi. Tapi gak usah takut. Solusinya mudah kok, cuma ganti sil master rem seharga Rp 37 ribu saja.

Itu untuk memperbaiki part bawaan motor, kalo Anda mau sekalian upgrade sistem pengereman juga bisa. Tinggal pilih dan pasang part aftermarket yang sudah tersedia. Mulai dari master rem, slang rem braided, kampas rem hingga kaliper rem bisa dipasang ke motor 150 cc tersebut. Enggak cuma untuk rem belakang, mau sekalian upgrade sektor rem depan juga monggo.

Tapi perhatikan kualitas part yang dipakai, lebih baik mahal sedikit dan hasilnya rem Minerva RX150 Anda lebih pakem tanpa adanya masalah.

No caption
No credit
No caption

Cukup ganti sil master rem maka rem belakang sudah normal kembali

No caption
No credit
No caption

Ragam kaliper rem aftermarket, untuk belakang pilih yang 1 piston saja

No caption
No credit
No caption

Slang rem braided lebih kuat menahan tekanan minyak rem karena terbuat dari anyaman kawat baja

No caption
No credit
No caption

Contoh master rem aftermarket, selain untuk depan yang belakang juga ada kok. Yang sering dicari merek KTC


Kampas rem aftermarket diyakini punya daya gigit cakram lebih baik
 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa