Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Injector Vespa LX 150ie 3V Patah, Ini Solusinya!

billy - Rabu, 18 Juni 2014 | 09:57 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Ada kabar beberapa rekan redaksi pengguna Vespa LX150 3V mengalami kejadian mogok mendadak. Penyebabnya pun bukan main-main, injector skutik Italia tersebut patah! Yup, lebih dari satu unit Vespa yang alami kejadian ini. Kejadiannya sama persis, setelah menghajar lubang mesin langsung mati.

“Gue mati di daerah Pondok Indah, untung ada bengkel resmi di situ jadi gue bawa,” kata rekan tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata benar, di bengkel resmi Vespa Pondok Indah, Jaksel ada 4 unit Vespa yang mengalami kejadian serupa dan sedang menunggu part pengganti.

Menurut Rismanto selaku Chief Mechanic Vespa Pondok Indah, patahnya injector karena salah desain boks bagasi. “Jadi sisi luar boks berbenturan dengan injector ketika menghajar lubang,” terangnya. Kalo sudah begini, ada dua part yang harus diganti, yakni injector dan boks bagasi.

“Untuk boks bagasi sudah tersedia, tapi injector-nya yang harus menunggu sekitar 2 minggu,” kata Manto lagi. Cuma ya gitu dah, boks ada tapi injector belum, motor tetap enggak mau hidup, dong.

Kejadian ini enggak cuma menimpa Vespa LX 150 3V saja, tapi juga S, LX-V yang bermesin 3V kecuali Primavera. Beruntung kerusakan ini termasuk dalam garansi mesin selama 2 tahun yang diberikan PT Piaggio Indonesia. Bahkan salah satu pengguna Vespa mendapatkan email penggantian boks ke bengkel resmi Vespa. Jadi jika injector Vespa Anda belum patah, segera ganti boks bagasinya dengan desain yang sudah diperbaiki ke bengkel tempat membeli unit.

Namun yang dikeluhkan konsumen adalah lamanya waktu tunggu injector. Hal ini jelas mengganggu aktivitas karena skutik jadi enggak bisa dipakai.

Wah, PT Piaggio Indonesia harus bertindak cepat nih!

No caption
No credit
No caption

1. Bagian dalam boks bagasi yang bersentuhan dengan injector akan berbekas seperti ini


No caption
No credit
No caption

2. Ada dua kemungkinan titik patah injector, sisi kanan yang menghubungkan ECU dengan injector. Gejalanya mesin enggak mau hidup ketika distarter



3. Jika bagian sisi kiri patah, ketika kontak di ON bensin akan langsung mengalir keluar

4. Ketika ban membentur lubang jalanan, sokbreker akan bergerak dengan jarak main yang jauh, sehingga boks bagasi akan membentur injector dan patah. (motor.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa