Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Sendiri Lampu Belakang Honda Vario 125, Modal Obeng dan Kunci T

Dimas Pradopo - Senin, 9 Juni 2014 | 14:35 WIB

Jakarta
- Kondisi jalan Indonesia yang banyak lubang masih menghantui pengendara sepeda motor. Bahkan sekalipun jalan mulus, tetap saja ada lubang di satu titiknya. Apalagi ketika melaju dalam kecepatan yang cukup tinggi dan lubang enggak bisa dihindari, akhirnya braakkk..!!! Terpaksa menghantam lubang tersebut.

Selain pelek peyang, ternyata bagian motor lainnya bisa rusak saking kerasnya benturan. “Honda Vario 125 gue lampu belakangnya pecah gara-gara hajar lubang, mika dan reflektornya pecah, mau enggak mau ya harus ganti full set deh,” kesal Andi Wahyudi, salah satu pengguna skutik tersebut.

Mika pecah jika dibiarkan bisa membuat air hujan atau air cucian motor masuk ke dalam reflektor. Kerusakan jadi bakal merembet ke komponen lain seperti bohlam atau soket dudukan lampu jadi karatan. Makanya harus segera diganti tuh.

Harga satu set lampu belakang Honda Vario 125 sendiri sekitar Rp 180 ribu di bengkel resmi Honda. “Biasanya harus inden dulu sekitar 2 minggu sampai 1 bulanan,” kata Andi lagi.

Nah kalau sudah ada part-nya, tinggal pasang deh. Bisa minta tolong bengkel resmi atau pasang sendiri. Kebetulan Andi pasang sendiri part ini, karena dirasa enggak terlalu sulit. “Modalnya cuma obeng plus, obeng minus sama kunci T-12 mm saja kok,” terang pemukim wilayah Kedoya, Jakbar ini.

Yuk dipasang lampunya.  (motor.otomotifnet.com)


1. Ini bagian mika yang pecah, saking kerasya benturan lampu belakang bisa sampai rusak seperti ini


2. Buka cover mesin dan baut-baut bodi belakang pakai obeng plus. Ada dua kancingan bodi bisa ditekan pakai obeng minus atau kuku jari

3. Jika sudah semua baut terlepas, tarik keluar bodi belakang seperti ini, lampu belakang skutik nempel di bodi tuh


4. Tinggal pasang deh lampu yang baru. Perhatikan ketika memasang dudukan lampu rem jangan sampai kendur dan terlepas, karena panas bohlam ketika menyala bisa melelehkan reflektor loh


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa