Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Ruang Aki Honda BeAT FI, Cegah Gangguan Kelistrikan

Dimas Pradopo - Kamis, 29 Mei 2014 | 16:17 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pengguna Honda BeAT FI pasti enggak banyak yang tahu letak aki skutiknya. Bukan di balik jok atau di balik bodi depan, tapi ada di bawah dek. Yup, di balik tempat pijakan kaki itulah bersemayam aki dan teman-temannya seperti sekring dan bendik starter.

Karena posisinya yang ada di bawah, sudah pasti jadi mudah terkena kotoran. Walaupun pihak pabrikan mengklaim aman dari kotoran, nyatanya ada saja debu, pasir dan kerikil yang nyelinap masuk. Apalagi kalo skutiknya sering dipakai menerabas banjir, dipastikan ada endapan kotoran di situ deh.

“Paling parah, kotoran itu bisa jadi jamur dan komponen-komponen di ruang aki rawan rusak. Terus suplai listrik jadi terganggu karena kotoran tadi,” wanti Andrianus Fortunata, dari bengkel Pematic.

Solusinya harus rutin dibersihkan. “Jangan tunggu sampai aki soak baru dibongkar dan dibersihkan, mending dirawat supaya komponennya tetap awet,” timpal Andri yang menyarankan pembersihan setiap bulannya. Tips ini juga berlaku untuk pengguna Honda Scoopy FI dan New Honda Vario FI.

Bersih-bersih ruang aki bisa dilakukan sendiri kok, modalnya cuma obeng plus, sikat gigi bekas, lap chamois dan air. Sudah siap? Yuk bersih-bersih sekarang. 

No caption
No credit
No caption

1. Buka tutup ruang aki dengan melepas satu baut pake obeng plus, kemudian cungkil untuk membuka tutupnya
.

No caption
No credit
No caption

2. Kelihatan deh tuh kotoran disisi ruang aki dan cover aki. lanjut deh buka cover aki dengan melepas dua bautnya dan lepaskan aki pakai obeng plus.

No caption
No credit
No caption

3. Bersihkan ruang aki pakai sikat gigi bekas dan air yang mengalir pelan, sikat pinggiran dan dalaman ruang aki ya
.

No caption
No credit
No caption

4. Keringkan ruang aki pakai lap Chamois dan diamkan hingga benar-benar hilang


5. Sambil menunggu, sekalian deh aki, tutup ruang aki dan cover aki dibersihkan pake lap chamois. keringkan dan pasang kembali seperti semula. (motor.otomotifnet.com)



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa