Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Karet Link Stopper Honda Vario, Atasi Standar Tengah Berisik

Dimas Pradopo - Sabtu, 24 Mei 2014 | 09:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pernah dengar suara ‘bletak’ saat melalui jalan rusak atau ketika mengoperasikan standar tengah Honda Vario? “Itu jadi ciri karet link stopper engine mounting rusak atau lepas,” buka Safrudin, kepala mekanik AHASS Clara Motor, di Kebon Jeruk, Jakbar.

Masih menurut pria yang akrab dipanggil Udin ini, terjadi biasanya pada tunggangan yang sudah berumur. “Tapi enggak bisa dipatok berapa tahun, kalau sering lewat jalan rusak bisa lebih cepat,” imbuhnya. Namun yang pasti di atas 1 tahun pemakaian.

No caption
No credit
No caption

Karet itu fungsinya sebagai peredam ujung engine mounting yang posisinya masuk di dalam rangka (gbr.1). Makanya jika karet telah rusak termakan usia atau lepas, maka tak ada redaman ujung engine mounting dengan rangka, sehingga ketika mengayun (gbr.2) timbul tabrakan langsung dan muncul suara ‘bletak’.

No caption
No credit
No caption

Lalu bagaimana mengatasinya? Tentu saja ganti karet dengan yang baru dong. Sebelumnya silakan cari dulu karetnya, nama lengkapnya rubber link stopper dengan nomor komponen 50352-KVB-900 (gbr.3). Harga murah banget, enggak sampai Rp 10 ribu. Nah ongkos pasang di AHASS kisaran Rp 25-30 ribu saja.
No caption
No credit
No caption

“Pasangnya mesti lepas semua panel bawah, dilanjut copot engine mounting pakai kunci 17 (gbr.4). Lalu tarik engine mounting dan pasang karet yang baru. Beres deh,” tutup pria yang sudah 20 tahun kerja di AHASS.

Bye-bye bletak!  (motor.otomotifnet.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa