Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Piggyback Polini Untuk Vespa dan Piaggio, Satu Item Untuk Banyak Skuter

Dimas Pradopo - Minggu, 27 April 2014 | 11:15 WIB
No caption
No credit
No caption

Bekasi - Skuter racikan Vespa dan Piaggio saat ini sudah menerapkan sistem injeksi di pasokan bahan bakarnya. Hal ini jadi sedikit kendala ketika mau menambah stamina skuter kesayangan karena enggak bisa main oprek. Tahu sendiri, semuanya diatur secara elektronik bro.

Maka dibutuhkan alat khusus disebut piggyback yang bisa memanipulasi data ECU untuk menyemprotkan bahan bakar lebih banyak hingga mengatur batas putaran mesin.

Untuk dua merek asal Italia itu, sudah tersedia piggyback racikan Polini. “Piggyback ini bisa untuk Vespa LX, S, LXV, Primavera, 946, GTS 250, GTV 250 dan Piaggio MP3,” buka Dennil dari Scooter VIP, yang juga distributor Polini di Indonesia. Wah, banyak juga yang bisa pakai.

No caption
No credit
No caption

1. Mengatur debit bahan bakar dan pilih Rpm pakai Joystick ini. tapi cover plastik harus dibuka dulu pakai obeng plus

Oh iya, piggyback ini support sampai kapasitas mesin 300 cc loh. Jadi barangkali ada yang mau bereksperimen dengan bore-up LX 150ie jadi 300 cc, piggyback ini masih mumpuni hehehe... Harga jualnya sendiri Rp 3,25 Juta dengan garansi 3 bulan.
No caption
No credit
No caption

2. Pemasanganya soket putih untuk koneksi ke piggyback, soket hitam kecil disambung soket yang menempel ke injektor, soket hitam besar dipasang ke injektor,  jepit merah ke positif aki dan paling kanan negatif aki

Beberapa kelebihan ditawarkan piggyback ini bro, seperti fitur auto adjust. “Di mana part ini akan menghitung sendiri takaran bahan bakar yang pas sesuai dengan spek mesin skuter,” jelas pria tambun tersebut. Lalu bisa juga mengatur secara manual debit bahan bakar setiap 200 rpm.
No caption
No credit
No caption

3. Debit bahan bakar bisa diatur dari  -50 sampai +200.1 poin berarti injector menyemprotkan bahan bakar 0,064 milidetik lebih lama. misal setingan diatur +19, maka waktu injector menyemburkan bahan bakar bertambah 1,21 milidetik dari standar.

“Tapi mengatur secara manual harus teliti dan pas, salah setingan malah skuter jadi enggak lari atau terlalu boros,” wanti pemukim Jakasampurna, Bekasi ini.

Makanya Polini ngasih tabel sesuai upgrade yang umumnya dilakukan. Tentunya mempermudah pengguna untuk mendapatkan setingan yang pas.

Tertarik mencoba? (motor.otomotifnet.com)



4. Contoh Tabel setingan yang diberikan oleh Polini nih.


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa