Pasang Swing Arm SND Aluminium di Kawasaki KLX150S, Enggak Susah

Dimas Pradopo - Selasa, 15 April 2014 | 10:27 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Ganti ukuran ban belakang Kawasaki KLX150S dari 16 inci ke 18 inci, butuh pasang swing arm yang lebih panjang dari standarnya. Dulu ada 2 pilihan yang bisa dilakukan, pertama dengan ganti swing arm aftermarket berbahan besi.

Berikutnya dengan pasang swing arm copotan trail special engine, yang berbahan aluminium. “Untuk harga, swing arm berbahan besi enggak sampai Rp 1 juta. Kalau ingin swing arm limbah trail special engine perlu dana Rp 3,5 juta dan tambah Rp 1,5 juta untuk ongkos pasang,” terang Rudy dari dirtbike shop 234 Motor di Cinere, Depok.

Sekarang, ada 1 pilihan lagi bagi yang ingin ganti swing arm untuk KLX150S yang ingin ganti ban belakang ukuran 18 inci. Dengan bahan aluminium, swing arm SND bisa ditebus dengan banderol Rp 1,5 juta.

Penasaran dengan dengan produk aftermarket ini? Simak yang berikut ya. 

No caption
No credit
No caption

1. Swing arm aluminium label SND, tersedia dalam 2 pilihan warna (hitam dan silver). Soal harga tebus, sama-sama Rp 1,5 juta.

2. Rantai, ban belakang, baut unitrack, rumah baut dan bearing dilepas secara berurutan. Selanjut yang menempel pada swing arm juga sasis dilepas secara berurutan. Setelah itu baru lepas baut as yang mengunci swing arm.

No caption
No credit
No caption

3. Setelah swing arm dilepas, rumah baut as dan 2 buah bearing, dicopot dari lubangnya. Setelah itu dipasang lagi ke swing arm SND yang baru dan jangan lupa diberi pelumas seperti grease. “Bearing-nya diampelas dulu, biar masuk lebih pas masuk ke lubang di as swing arm,” kata Rudy.

4. Swing arm SND aluminium tidak dilengkapi lubang untuk dudukan karet rantai. Perlu modifikasi dengan mata bor, tapi enggak perlu bikin 4 lubang seperti arm standarnya. Cukup 1 lubang yang ada di samping untuk baut ukuran 10, sisanya cukup dilem saja.


5. Seperti ini tongkrongan KLX150S dengan ban ukruan 18 inci dan sudah pakai swing arm aluminium berlabel SND. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa