Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Swing Arm Yamaha Nouvo di X-Ride, Cegah Rasio Rontok!

Dimas Pradopo - Senin, 7 April 2014 | 09:50 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Demi kenyamanan dan kestabilan roda belakang, banyak pembesut Yamaha X-Ride yang apliksi swing arm (SA) tambahan copotan Yamaha Nouvo. Baik dipakai harian maupun untuk main lumpur alias adventure off-road. Wah, boleh diaplikasi nih, buat ikutan event X-Race 2.

"Tak hanya bikin stabil bro, tapi sekaligus dongkrak tampilan. Nah yang paling utama adalah untuk mencegah gigi rasio rontok saat diajak adventure maupun grasstrack," tukas Hidayat ‘Acky', penggawang Optima Motor (OM) yang biasa pasang peranti tersebut.

No caption
No credit
No caption

Acky menjelaskan bahwa sudah ada beberapa kejadian yang dialami teman-temannya saat turun grasstrack gigi rasio rusak. "Tepatnya rumah beserta gigi rasio rontok akibat ditabrak pembalap lain dari samping tepat di bagian tersebut. Tapi setelah aplikasi SA bawaan Nouvo ini, lebih aman dan hal tersebut enggak terjadi lagi," paparnya.

Soal pengerjaan, pria ngepos di Jl. Masjid Al Wustho No.13, Pondok Bambu, Jaktim ini mematok selama 2 hari dengan dana Rp 600 ribu dan pelanggan terima beres. Apa saja penyesuaiannya, berikut penjelasannya.

No caption
No credit
No caption

1). Tebus SA copotan Nouvo yang di pasaran dijajakan antara Rp 150 ribu - Rp 200 ribu. "Ini khusus kalau mau beli perantinya sendiri bro," ujar Acky.

2). Agar SA Nouvo duduk manis pada mesin X-Ride, sebelumnya di-custom pada bagian pegangan bautnya. "Kedua dudukan baut dipotong kurang lebih 2 cm, lalu disambung kembali. Sesuaikan dengan dudukan baut pada mesin," tukas Acky.

3). Tebus juga as roda Yamaha Nouvo dengan dana Rp 275 ribu. Pasalnya as roda X-Ride lebih pendek dari as roda Nouvo.


4). Biar as roda Nouvo juga ngepas di X-Ride, sebelumnya dilakukan penyesuaian. Yakni bikin bushing baru menyesuaikan dudukan as roda X-Ride. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa