Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Klip Gir Depan, Solusi Buat Yang Pakai Gir Set Tipis 415

Dimas Pradopo - Minggu, 6 April 2014 | 14:20 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Gear (gir) dan rantai cukup vital bagi besutan bebek atau sport. Melalui komponen itulah putaran mesin diteruskan ke roda belakang. Selain itu ketebalan gir punya pengaruh dengan akselerasi. Dengan itu, para pemilik kerap menggantikan gir set model tipis (415).
No caption
No credit
No caption

Tebus dulu penahan gir depanya, Bro! Bisa pakai Jupiter MX atau RX-Z

“Meski mesin enggak bore-up, tapi menggantikan gir set tipis bisa mengurangi beban kinerja peranti itu, biar akselerasi lebih enteng. Pilihannya cukup banyak, tapi ada penyesuaian untuk yang pakai gir merek SSS,” papar Kahfi Wijaya, mekanik K22 Garage daerah Pondok Cabe, Tangsel.
No caption
No credit
No caption

Pilihan Gir depan model tipis pakai Yamaha RX-Z

Saking larisnya mungkin beberapa toko bisa kehabisan stok. Jika gir depan kosong, gak perlu khawatir. Beli saja gir belakang plus rantainya (415), tapi gear depannya Yamaha RX-Z, sekitar Rp 55 ribuan. Jangan lupa buat mencari klip gir depan atau penahan part tersebut, Yamaha Jupiter MX.

“Itu karena lubang baut pengikat gir depan aftermarket berbeda sama bawaan pabrik. Jadi, biar bisa dibaut kudu dikancing sama klip gir Jupiter MX dan harganya gak mahal, kok! Cuma goceng alias Rp 5 ribu, aja!” saran Kahfi.


Jangan lupa mengencangkan baut klip gir dan juga baut penahan klip dengan kunci L-5 dan L-6

Selain pakai klip gir depan punya Jupiter MX, bisa juga menggunakan kepunyaan Yamaha RX-Z, harga masih sama. Namun, bentuk kedua peranti itu gak sama, lo! Jupiter MX lubang pengikat alias klip gir hanya ada satu. Sedang punya RX-Z ada dua. Nah, tinggal cari deh, stoknya yang ada punya apa.

Yuk, bongkar! (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa