Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Engine Cut Off di Honda Megapro FI, Manfaatkan Soket Pompa Bensin

Dimas Pradopo - Rabu, 12 Maret 2014 | 08:59 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption
Jakarta - Beberapa produk motor anyar, enggak disertai engine cut off. Tapi bila ada yang hendak memasang, ada ritual yang kudu dilakukan. Dengan model rumah panel yang jadi satu dengan rel grip gas, membuat pasang engine cut off harus diikuti dengan penggantian grip gas.

“Biasanya grip gas diganti dengan yang model spontan,” jelas Dayat dari bengkel Optima di Kalimalang, Jaktim. Tapi ganti gas spontan, enggak perlu dilakukan bila hendak pasang engine cut off di Honda New Megapro FI. Pasalnya rumah panel starter, terpisah dengan rel grip gas.

No caption
No credit
No caption

Jadi tinggal beli perangkat engine cut off aksesori di pasaran, seperti model keluaran OEI Racing yang dibanderol Rp 250 ribu (gbr.1). Namanya juga aksesori, maka kelir kabelnya berbeda dengan yang bawaan pabrik (gbr.2). Nah untuk mengaktifkan double starter di panel aksesori, kabel yang hijau muda dan tuanya disambungkan ke yang berwarna kuning bergaris merah serta hitam di motor .

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan engine cut off. Tapi paling aman dan headlamp masih nyala saat kunci kontak on, maka engine cut off diukutsertakan pada kabel hitam di soket pompa bensin (gbr.3). Tapi jangan kaget bila saat engine cut off diaktifkan, mesin baru mati 1 atau 2 detik kemudian.


Berikutnya lepas rumah panel standar Megapro FI dan ganti dengan rumah panel aksesori yang sudah ada engine cut off dan panel double starter (gbr.4). Oleh karena part aksesori, maka harus ada penyesuaian yang dilakukan. Pemicu stop lamp dari handle rem depan enggak ada dan mesti dibuatkan baru (gbr.5).

Mudah kan! (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa