Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Air Bleeder Valve, Buang Angin Pada Sok Upside Down

Dimas Pradopo - Selasa, 4 Maret 2014 | 08:30 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pada suspensi upside down yang digunakan motor trail build-up seperti merek KTM, ada fitur untuk membuang udara yang ada dalam tabungnya. “Ketika crosser atau off-roader melakukan lompatan dengan motornya, maka pada saat itu ada udara yang tersimpan pada tabung upside down tunggangan mereka,” jelas One, mekanik dirtbike shop Roby Steam di Arteri Kelapa Dua, Jakbar.

Tentu apa yang terjadi itu, berakibat kurang maksimalnya fungsi dari upside down pada motor trail. Agar bisa kembali ke kondisi semula, maka udara dalam tabung kudu dibuang.

Caranya dengan membuka sekrup yang menjadi penutup lubang buang udara pada upside down. Berkembangnya jaman, cara manual itu mulai ditinggalkan dan diganti dengan pemasangan part air valve bleeder.

Aplikasinya gampang, bahkan bisa dipasang sendiri dan seperti ini caranya.


No caption
No credit
No caption

1. Beberapa toko aksesori dirtbike menyediakan air valve bleeder dan salah satunya berlabel SND

2. Lepas sekrup buang udara yang ada di upside down menggunakan obeng kembang. Lalu siapkan part air valve bleeder.


3. Pastikan seal karet yang ada di bawah perangkat tersebut ada dan nantinya ikut terpasang. Kalau enggak, malah bikin bocor dan sok enggak bekerja dengan maksimal.

4. Baru kemudian pasang part anti masuk angin pada upside down. Putar sesuai alur dan enggak perlu pakai tang untuk mengencangkan. Cukup putar dengan tangan saja.

5. Setelah terpasang, enggak perlu lagi buka tutup buat buang angin. Dengan sudah memasang air valve bleeder, membuang angin dalam tabung upside down tinggal pencet bagian atas part tersebut. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa