Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Starter Elektrik, Cek Tiga Bagian Ini!

Dimas Pradopo - Senin, 24 Februari 2014 | 07:34 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Menyalakan mesin besutan pake starter elektrik emang paling enak. Tinggal pencet, grengg... tunggangan siap digas. Makanya, peranti ini kudu dirawat, biar enggak ngadat. Gak mau, kan kalo harus ngengkol?

Cuma, ada kalanya, buat besutan yang udah berumur di atas setahun, peranti ini mulai ngambek. “Iya, gue pernah ngalamin juga, tiba-tiba starter elektrik ogah bekerja. Masalahnya sepele, karena kurang perawatan aja!” aku Agus Riyadi, pemilik Yamaha Soul GT kelahiran 2012.

No caption
No credit
No caption

Area sekitar soket switch sering bermasalah karena kotoran.

“Komponen itu sudah dirancang pabrik dengan kelistrikan sistem negatif. Arus listrik positif aki terhubung terus ke tombol electric starter. Sedang pengoperasiannya dengan memainkan hubungan negatif,” jelas Wiwid, mekanik Whe2d Speed Shop (WSS) daerah Ciracas, Jaktim.

Keunggulan arus listrik menjadi lebih stabil. Karena kutub positif aki dan motor langsung menyambung tanpa melewati konektor lainnya. Tapi kelemahannya juga ada, bro! Kotoran sering mampir di tiga bagian; switch, soket atau konektor.

No caption
No credit
No caption

Membersihkannya bisa pakai cairan penetran. Nah, kali ini dipraktikkan di Soul GT milik Agus. Pastinya, buat bisa bersihin tiga bagian tadi, buka dulu 6 baut di batok setang pakai obeng kembang atau kunci L-4 (baut L). Dilanjutkan melepas soket yang berwarna merah untuk switch starter di tuas rem kanan (gbr.1). Yang kiri ada dua kabel berwarna cokelat setrip putih dan hijau setrip putih. Semprot, deh!
No caption
No credit
No caption

Langkah berikutnya, menghilangkan kotoran atau kerak di konektor tombol starter. Gunakan obeng kembang buat membuka satu baut pengikat dudukan sakelar dan tarik keluar panel sakelar. Setelah itu, digosok perlahan pakai ampelas halus pada konektornya (gbr.2). Kalo sudah, rakit kembali.

“Bisa juga menyambung langsung atau jumper soket switch di tuas rem sambil menekan tombol starter (gbr.3). Bila saat ditekan mesin belum hidup, kemungkinan switch tersebut rusak. Harga part-nya kisaran Rp 35 ribuan,” tutupnya.

Monggo dicek, bro!(motor.otomotifnet.com) 

whe2d Speed Shop (WSS) : 021 - 97750795

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa