Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Sil Master Rem Belakang Satria F150, Biar Pakem Lagi!

Dimas Pradopo - Rabu, 26 Februari 2014 | 08:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sistem pengereman kudu menggigit alias pakem. Kalo sampai gak ngerem, waduh, bisa celaka dua belas! Ih, amit-amit, bro! Jangan sampai, deh! Makanya, kudu dicek sebulan sekali. Itu hampir terjadi sama Riyanto.

“Pas injak rem belakang terasa blong alias gak ngerem, bro! Untungnya rem depan masih berfungsi dengan baik atau pakem. Padahal, kampas rem belakang masih tebal, langsung aja melipir ke bengkel buat mencari penyakitnya,” ungkap pemilik Suzuki Satria F 150 keluaran 2009.

Sesampainya di bengkel, komponen penggerak rem belakang alias master rem tersebut dibongkar oleh Kahfi Wijaya, mekanik K-22 Garage daerah Pondok Cabe, Tangsel, Jabar.

“Setelah dicek, ternyata sil stut master rem sudah lemah atau keras dan berkarat. Itu bisa terjadi karena umur besutan yang sudah cukup lama, 3 tahun ke atas atau besutan jarang dipakai,” papar pria humoris ini dan part kudu pakai yang baru.

Harga sil stut master rem tersebut seharga Rp 55 ribu (orisinal) dan non-orisinal kisaran Rp 33 ribu. Biar awet dan tahan lama, mending pakai aslinya alias SGP (Suzuki Genuine Part), bro!

Mau bongkar sendiri? Bisa! Sebelumnya tebus part SGP dan siapkan alat-alatnya. Yakni, tang klip, kunci ring 8, 10, 12, minyak rem dan slang putih. Sudah? Bongkar!

No caption
No credit
No caption

1. Pertama lepaskan semua komponen master rem belakang dari dudukanya gunakan kunci ring 10 dan kunci ring 12 buat  membuka baut selan rem.

2. Untuk mengeluarkan stut master rem dengan cara membuka kancing atau klip pake tang klip dan tarik keluar part tersebut.

No caption
No credit
No caption

3. Kalo sudah dilepas semuanya, bersihkan kotoran atau karat yang ada di peranti tersebut dengan bensin dan ampelas. Eits, gosoknya pelan-pelan ya, bro!

4. Karena part SGP itu terpisah, maka kudu rakit dulu, Sil dan per ke stut yang baru. saat memasukkanya diberikan pelumas atau grease, biar gampang, bro! Sreset!




5. Setelah semua bersih dan dipasang seperti semula, dilanjutkan isi minyak rem yang baru.

6. Lalu, pompa pedal rem belakang sampai terasa keras atau ngerem. untuk buang angin, bantuanya kunci ring 8 dan slang putih dengan cara menahan pedal rem setelah dipompa. (motor.otomotifnet.com)

K-22 GARAGE : 0812- 88855538



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa