Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subtitusi Busi, Enggak Perlu Semerek Yang Penting Sama!

billy - Senin, 10 Februari 2014 | 08:58 WIB
Substitusi busi, enggak perlu merek yang sama
Dok. OTOMOTIF
Substitusi busi, enggak perlu merek yang sama

Substitusi busi, enggak perlu merek yang sama
Dok. OTOMOTIF
Substitusi busi, enggak perlu merek yang sama

Busi Honda Tiger, bisa pakai juga di Scorpio 
Jakarta - Bila secara tiba-tiba mesin motor mati, apa hal pertama yang dicek? Tentunya ketersediaan bahan bakar dalam tangki yang jadi tersangka pertama mesin motor yang tiba-tiba ngadat.

Ternyata eh ternyata, bahan bakar masih ada separuh tangki. Dengan kondisi seperti ini, yang dijadikan tersangka berikutnya adalah busi.

Dengan part yang memicu terjadinya proses pembakaran di ruang bakar, maka wajar kalau busi jadi tersangka berikutnya yang mesti dicek and ricek. Lepas busi lalu cek keberadaan bunga apinya, kalau enggak ada atau kecil jangan ragu untuk melakukan penggantian.

Kejadian busi mati saat rolling thunder dalam kota, tentu seperti orang bule bilang it’s no big deal. Nah kalau kejadian tersebut saat turing luar kota, bisa jadi masalah besar.

Tapi jangan khawatir, masalah besar yang bisa terjadi itu bukan lantas tanpa solusi. “Bawa busi cadangan itu jadi solusi jitu. Tapi kalau enggak bawa, cukup hafalin saja substitusi busi tunggangan Anda,” kata Muamar Ateng, mekanik ER di Ciledug, Tangsel.

Seperti inilah substitusi yang dimaksud Ateng, di mana ada beberapa pengguna motor bisa tersenyum senang. Seperti Honda Tiger yang kode part busi NGK-nya DP8EA-9 dan Denso (X24EP-U9) bisa pakai busi bawaan Honda GL series.

Hal yang sama sebenarnya juga bisa dilakukan pada Yamaha Scorpio. Itu karena produk motor yang satu ini, juga pakai kode busi yang sama dengan Tiger.

Substitusi busi, enggak perlu merek yang sama
Dok. OTOMOTIF
Substitusi busi, enggak perlu merek yang sama

Busi berlabel NGK, banyak tipe untuk motor yang beredar di Tanah Air. Denso yang iridium, banyak diaplikasikan pada motor berkapasitas mesin 250 cc ke atas.
Pembesut Yamaha V-Ixion, bila kena penyakit busi mati enggak perlu khawatir cari substitusinya. Dengan pakai kode busi standar NGK CR8E atau Denso U24ESR-N, bawaan Mio Sporty bisa dijadikan pengganti kalau si pemilik toko enggak menyediakan buat V-Ixion.

Enggak ada juga busi untuk Mio Sporty? Coba tanya si empunya toko, menyediakan busi buat Honda CS1 atau tidak. Walau beda pabrikan, namun motor yang satu ini juga memakai kode busi yang sama dengan V-Ixion.

Yamaha Jupiter MX135 dan Byson, memakai kode busi standar yang sama. Dengan kode busi yang sama, yakni CPR8EA-9 (NGK) atau U24EPR9 maka baik bawaan MX135 maupun Byson bisa pakai busi punya skutik Honda (BeAT, Scoopy dan Spacy).

“Ada juga motor sport Honda yang memakai busi sejenis. New Mega Pro dan CB150 Streetfire, menggunakan busi yang sama dengan MX135 dan Byson,” ungkap Giono dari Standar Motor di Jagakarsa, Jaksel.

Motor dari pabrikan Suzuki, Satria FU dan Thunder 125 bisa beli busi dari pabrikan tetangga. Maksudnya, 2 produk Suzuki ini memakai kode busi yang sama dengan V-Ixion dan itu juga bisa berlaku pada Kawasaki Ninja 250 yang karburator.  (motor.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa