Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Kampas Kopling, Beda Merek Bisa Saling Tukar

billy - Jumat, 7 Februari 2014 | 16:19 WIB
Subtitusi Kampas Kopling, Beda Merek Bisa Saling Tukar
OTO-OCT
Subtitusi Kampas Kopling, Beda Merek Bisa Saling Tukar

 
Jakarta - Performa motor melorot, bisa jadi disebabkan oleh kampas kopling yang sudah aus. Atau gas sudah dibuka pol, tapi motor ogah bergerak dari tempatnya semula. Ini juga bisa disebabkan oleh kampas kopling yang sudah habis.

Memang ada beberapa hal yang bisa jadi ciri, kalau kampas kopling performanya mulai menurun. Pada motor batangan yang koplingnya manual misalnya, saat handle kopling ditarik motor ndut-ndutan seperti ingin maju.

Ciri lainnya, saat gas dipelintir jarum RPM-nya saja yang naik dan motor seperti berat untuk melangkah. Atau juga bisa, motor terasa kurang responsif.

“Kalau sudah rasanya seperti itu, lebih baik cek mesin dan terutama bagian kampas kopling. Jangan sampai masalah jadi besar, kalau memang kampas koplingnya bermasalah, lekas ganti,” saran Kris T, owner toko spare-part Genceng Motor di Jagakarsa, Jaksel.

Keluarkan yang lama dan ganti part baru, memang jadi obat mujarab manakala kampas kopling bermasalah. Itu idealnya, nah kalau pas kebagian part yang untuk tunggangan kita enggak tersedia bagaimana ya?

 
“Ada beberapa kampas kopling yang bisa dipakai sebagai bahan substitusi. Sama-sama orisinal dan tinggal pasang saja,” papar Kris.

Tanpa basa-basi lagi, pria yang berpostur tubuh langsing itu kasih contekannya. Dari mulai produk motor yang diproduksi oleh pabrikan sayap mengepak alias Honda.

Part yang dipakai Honda Tiger, bisa disubstitusikan dengan bawaan Honda Supra X125 atau juga bisa pakai dari keluarga Honda GL. Termasuk juga bisa pakai dari bawaan Mega Pro dan CB150R.

“Kampas kopling Tiger, juga bisa dipakaikan pada produk motor dari pabrikan lainnya. Bila kampas kopling Kawasaki KLX150S hangus, bisa pakai bawaan Tiger,” kata Dadeng, mekanik yang biasa dapat panggilan darurat bagi mereka yang sedang adventure off-road di kawasan Bukit Hambalang, Bogor.

Si Tiger memang paling gampang kalau cari kampas kopling substitusinya dan berbeda dengan Honda CBR250R. Dimensi yang berbeda, membuat motor sport yang satu ini jangan sampai kehabisan kampas kopling saat dalam perjalanan turing.

Sama seperti Tiger, Yamaha Scorpio juga bisa pakai kampas kopling atau kampas koplingnya bisa dipakai pada motor dari pabrikan yang sama maupun lainnya. Yamaha V-Ixion jadi saudara sepabrik yang kampas koplingnya bisa dipakai, sedangkan dari tetangga bisa dipakaikan pada Bajaj Pulsar 220.

“Khusus untuk Yamaha Byson, kampas koplingnya ada 4 lembar dan terdiri atas 2 tapak kampas yang rapat dan 2 lainnya renggang. Enggak tersedia, kalau mencari yang sama persis seperti itu. Meski beda, tapi bawaan Kawasaki Ninja 150RR, bisa dijadikan bahan substitusinya,” jelas Kris.

Tunggangan Anda Suzuki Satria F150 Kampas kopling dari pabrikan yang sama yang bisa dipakai. Seperti bawaan Thunder 125 maupun motor sport 2-tak Suzuki RGR150. (motor.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa