Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Kopling Hidraulik di Kawasaki Z250, Empuk dan Anti Putus!

billy - Kamis, 16 Januari 2014 | 14:34 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Demi kenyamanan dan kelancaran berkendara, banyak pembesut Kawasaki Z250 yang aplikasi kopling model hidraulik. Ternyata di balik itu semua, ada 3 manfaatnya bro. Pertama untuk dongkrak tampilan agar lebih menarik ala Ducati 848 maupun Ducati Monster yang sejak lahir sudah dibekali kopling hidraulik.

"Manfaat kedua agar tarikan handel kopling lebih empuk dan enteng, sehingga jari tangan enggak mudah pegal saat melewati kemacetan kota. Tahu sendiri kalau lagi kena macet, pastinya tangan sering ngopling dan pegal," tukas Shandy, pembesut Z250 yang aplikasi peranti berlabel KTC ini di gerai Layz Motor (LM).

Warga Daan Mogot, Jakbar ini juga bilang manfaat ketiganya untuk antisipasi kabel kopling putus saat perjalanan turing luar kota. "Ada beberapa teman yang mengalami kabel kopling putus saat turing luar kota. Apesnya di daerah yang dilaluinya, cari spare-part penggantinya susah. Tapi kalau sudah pakai kopling hidraulik, pastinya enggak ada cerita lagi kabel kopling putus. Perjalanan tetap lancar bro," imbuh Shandy.

Nah, bagi mas bro yang juga berencana aplikasi peranti seharga Rp 1,9 juta dan sudah sekalian pasang ini, mampir saja ke LM di Jl. Arteri Kelapa Dua No.90 E, Kebon Jeruk, Jakbar. Berikut cara pasangnya diperagakan oleh Supriyanto ‘Pake', mekanik LM.


1. Tebus dulu satu paket kabel kopling hidrolik. Isinya master kopling beserta handlenya, tabung minyak hidraulik, slang koplingdan clutch slave atau tonjokan kopling hidraulik.

2. Langkah awa lepas semua piranti yang terrhubung dengan kabel kopling bagian bawah. Copot juga semua peranti yang menempel di setang sebelah kiri.

3. Kalau sudah terlepas semua, tinggal pasang selang hidraulik sesuai dengan jalur kabel orisinal. Di bagian bawah, pasang tonjokan kopling hidraulik kebalikan dengan saat melepas kabel.

4. Kemudian master kopling hidraulik dipasang dan diikat dengan dua baut ukuran 10 mm. Dilanjutkan rangkai selang kopling hidraulik sisi atas pada master hidraulik menggunakan baut nipel ukuran 12 mm. Lalu tinggal isi minyak hidraulik ke dalam tabung minyak hidraulik.

5. Nah ini dia kopling hidraulik yang sudah terpasang. Tampilannya juga makin keren! (motor.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa