Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gigi Starter Honda CB150R StreetFire Ompong? Klaim Saja ke AHASS

billy - Rabu, 8 Januari 2014 | 12:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Sebut saja Budi, dia heran dengan suara yang timbul saat starter Honda CB150R StreetFire dipencet, bukan mesin langsung hidup malah timbul suara “kreeekkk…”. Takut kenapa-kenapa, setelah menyalakan motor pakai engkol Budi langsung meluncur ke AHASS terdekat.

“Wah itu sih gir starter rompal,” ujar mekanik yang menerima keluhan. Ternyata di bengkel tersebut juga ada 1 CB150R lain yang mengalami hal sama, dan sudah dibongkar. “Memang beberapa mengalami masalah itu, enggak tahu kenapa, mungkin bahan kurang kuat,” ujar sang sumber yang mewanti namanya jangan ditulis.

Setelah dicek ternyata starter driven gear, atau gir yang menempel di balik magnet yang rompal (gbr.1). Gigi ini kerjanya digerakkan starter reduction gear yang diputar dinamo. Tuh terlihat ada 2 gigi yang ompong (gbr.2).

Kalau mengalami hal sama, sebaiknya memang segera dibawa ke AHASS untuk klaim, “Pokoknya kalau memang masih dalam masa garansi pasti akan ditangani, saya malah baru dengar ada masalah itu,” terang Wedijanto, GM Technical Service PT Astra Honda Motor saat ditanya mengenai hal ini.

Kalau dibiarkan, takutnya seperti CB150R yang sedang dibongkar bahkan hingga cylinder head-nya, “Itu klepnya sampai bengkok (gbr.3),” lanjut sang mekanik. Walah kenapa tuh?

Ternyata patahan gigi jatuh pas ke keteng, saat keteng berputar tergencet antara keteng dan gir pemutarnya, terlihat dari keteng yang rusak permukaan dalamnya (gbr.4). Hasilnya keteng lompat, efek berikutnya timing kem bergeser, dan klep benturan dengan piston deh. Amsyiong dah!

So, kalau mengalami hal yang sama langsung klaim saja ke AHASS terdekat bro! “Cuma kalau klaim mesti sabar ya, prosesnya sekitar 1 bulan, karena harus pesan dulu spare partnya ke main dealer, dan itu cukup lama,” wanti sang mekanik.

Semoga enggak banyak yang mengalami deh! (motor.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa