Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Indikasi Saatnya Ganti Kabel Kopling

billy - Rabu, 30 Oktober 2013 | 13:07 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Adanya di motor jenis sport dan kalau perangkat ini bermasalah, mesin motor tetap bisa nyala. Tapi pengendara akan mengalami kesulitan, saat start untuk mulai menjalankan motor.

Part yang satu ini tidak lain dan tidak bukan adalah kabel kopling. Soal fungsi, kabel kopling itu sebagai penghubung antara tuas kopling manual di setang dengan perangkat yang bekerja di dalam bak kopling terutama pada motor batangan.

Jadi bisa dimengerti, betapa pentingnya fungsi kabel kopling di motor batangan. Dalam ukuran normal, umur pakai biasanya yang membuat kabel kopling putus. Untuk itu, diperlukan perawatan secara berkala agar peranti ini awet. Tapi kalo sudah putus, mau gak mau harus diganti baru. Nah, sebelum terjadi hal itu, ada gejala yang bisa jadi penanda.



1. “Bagian atas yang adanya di tuas kopling di setang, lebih banyak jadi tempat putusnya kabel kopling,” papar Kris Tugiono dari Standar Motor, Jagakarsa, Jaksel.

2. Sebelum akhirnya putus, ada yang bisa dijadikan penanda bila hal tersebut hendak terjadi. “Biasanya saat tuas kopling ditarik, terdengar seperti bunyi kretek...kretek. Kalau itu sudah terjadi, secepatnya melakukan penggantian part tersebut. Sebelum malah bikin susah saat perjalanan,” imbuh Kris.

3. Memposisikan lubang setelan di setang, menghadap ke bawah. Agar debu atupun air tidak masuk ke dalam rumah kabel dan menumpuk kotoran atau malah kabel kopling jadi karatan.

4. Ada baiknya juga memasang karet pelindung buat tuas kopling. Agar enggak banyak debu yang masuk ke rumah kabel kopling. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa